Penggunaan uang elektronik atau e money makin populer di berbagai kalangan. Berbagai transaksi seperti pembayaran transportasi umum dan pembayaran beragam tagihan lebih mudah dan cepat dengan e money. Cara top up e money juga cukup mudah dilakukan ditambah beragam kemudahan transaksi membuat penggunaan e money kian digemari.

Jika kamu belum menggunakan e money sebaiknya perlu tahu beragam keuntungan menggunakan e money. Berikut berbagai keuntungan finansial dari penggunaan e money:

Cara top up e money
Cara top up e money
  • Mudah Dibawa dan Praktis

Dengan e money, Anda tidak perlu lagi membawa uang kas terlalu banyak. Cukup dengan kartu e money mau belanja nominal hingga jutaan tanpa uang kas. Penggunaannya juga praktis cukup dengan menempelkan kartu e money pada mesin saat transaksi pembayaran. Bisa pula dengan menggunakan scan barcode seperti pada e money bank Sinarmas bisa menggunakan fitur scan QRIS Simas E Money langsung dari smartphone.

Pembayaran menggunakan e money juga membuat tidak perlu memikirkan uang kembalian. Sering kali butuh waktu lama saat menunggu kembalian atau bahkan penjual tidak memiliki kembalian. Dengan menggunakan e money pembayaran dilakukan pas sehingga tidak perlu direpotkan uang kembalian.

  • Mencegah Kejahatan

Membawa uang kas terlalu banyak dapat tidak hanya merepotkan tapi juga memicu kejahatan. Dengan e money cukup dengan kartu kecil bisa membawa uang jutaan rupiah. Anda jadi lebih tenang saat pergi ke mana saja.

Kejahatan lain yang dapat dihindari adalah mencegah peredaran uang palsu sebab penggunaan e money mendorong cashless society. Penggunaan uang tunai membuat peredaran uang palsu lebih mudah sehingga perlu rajin memeriksa keaslian uang kembalian. Penggunaan non tunai dapat menekan transaksi tunai sehingga membatasi peredaran uang palsu.

  • Bisa Mengatur Pengeluaran

Menggunakan e money dapat membantu mengatur tiap pengeluaran agar tidak terlalu konsumtif. Caranya dengan memiliki beberapa kartu e money untuk tiap kategori transaksi. Misalnya e money 1 khusus untuk kebutuhan transportasi, e money 2 untuk belanja di minimarket dan seterusnya. Cara tersebut dapat diperlakukan layaknya amplop digital.

Dengan demikian pengguna dapat lebih disiplin dalam penggunaan uang belanja serta mengurangi kemungkinan pengeluaran di luar rencana. Pengguna e money juga mendapat keuntungan karena kerap mendapat diskon khusus pada beberapa merchant. Potongan khusus yang diberikan pada pengguna e-money.

  • Lebih Ramah Lingkungan

Dalam jangka panjang penggunaan e money dapat mengurangi penggunaan uang kertas. Dengan demikian dapat menekan mencetak uang yang menggunakan bahan baku pohon maka penebangan pohon juga dapat berkurang. Tentu butuh gerakan lebih besar untuk mewujudkan keuntungan yang satu ini.

  • Mudah Cara Top Up E-Money

Dari beragam kemudahan yang bisa diperoleh, hal paling penting adalah cara top up e-money mudah dilakukan. Jika menggunakan uang tunai, saat kehabisan harus pergi ke ATM atau bank untuk mengambil uang. Jadi sangat menjemukan sebab terkadang harus mengantri lama. Penggunaan e money dapat diisi ulang dengan mudah dan cepat.

Top up e-money dapat dilakukan secara online melalui berbagai platform ecommerce serta platform layanan uang digital dengan mudah. Tentu bisa lebih cepat  karena dapat dilakukan menggunakan smartphone. 

Gunakan Simas e money, produk uang elektronik dari Bank Sinarmas dan nikmati banyak keuntungan. Berbagai cara untuk top up e money hingga kemudahan transaksi pembayaran. Bisa tarik tunai di gerai Alfamart dan ATM terdekat. Makin mudah untuk pembayaran beragam tagihan, seperti BPJS, PLN dan lain sebagainya.