Susu pertumbuhan pada anak sangat dianjurkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Idealnya, pemberian susu pertumbuhan ini diberikan setelah selesai pemberian ASI. Banyak pilihan jenis susu pertumbuhan untuk anak dari usia bayi hingga usia sekolah.

Namun, Momy jangan asal beli. Momy harus tahu dulu kandungan susu tersebut agar benar-benar efektif membantu pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Salah satu yang harus diperhatikan adalah termasuk susu tanpa sukrosa atau susu yang mengandung sukrosa.

Sukrosa adalah pemanis buatan yang berasal dari gula atau pemanis buatan lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenalnya dengan sebutan gula. Gula memang dibutuhkan oleh tubuh kita tetapi pada kadar tertentu. Jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Oleh karena itu, agar tumbuh kembang anak sesuai harapan, hindari pemberian sukrosa yang berlebih. Usahakan memberikan susu tanpa gula yang rutin diminum Si Kecil. Berikut adalah 3 manfaat penting pemberian  susu tanpa sukrosa untuk anak.

  • Menghindarkan dari obesitas

Obesitas atau kegemukan merupakan keluhan kesehatan yang berawal daari pola makan yang salah. Salah satunya adalah dari pemberian bahan makanan yang mengandung sukrosa berlebih. Jika anak mengalami obesitas, anak akan menjadi pasif karena susah bergerak. Selain itu penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung bisa mengintai kesehatannya. 

  • Menghindarkan dari kerusakan gigi

Susu pertumbuhan yang mengandung sukrosa bisa menyebabkan kerusakan gigi. Hal itu dikarenakan sukrosa yang menempel pada gigi akan menimbulkan kerang gigi dan akhirnya dapat menyebabkan gigi bolong. Apalagi jika susu pertumbuhan tersebut dikonsumsi sebelum tidur.

  • Menghindarkan dari penyakit diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan karena adanya ketidakseimbangan gula di dalam darah. Banyaknya kadar gula dalam darah bisa menyebabkan Lelah. Penyakit diabetes jiga bisa menyebabkan luka yang berkepanjangan. Karena luka pada pasien diabetes tidak bisa mengering dengan cepat.

Itulah beberapa penyakit yang akan terhindar jika Momy memberikan susu tanpa sukrosa pada Si Kecil. Pilihlah susu pertumbuhan yang kaya nutrisi tetapi tanpa sukrosa seperti lactogrow.