Batuk merupakan reaksi yang timbul saat tubuh sedang melakukan pertahanan dari berbagai macam bakteri. Batuk yang terjadi sesekali memang tidak terlalu mengganggu, tapi akan berbeda ceritanya jika batuk ini dialami secara terus-menerus maka kamu perlu cara untuk menanganinya. Apalagi batuk yang dialami oleh anak-anak yang biasanya ini diakibatkan dari berbagai macam makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh anak.

Maka kamu perlu cara menyembuhkan batuk pada anak. Dalam menangani batuk pada anak seperti ini, akan lebih baik jika kamu menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu. Dapat dikatakan bahwa menggunakan bahan-bahan alami merupakan salah satu cara menyembuhkan batuk pada anak yang paling aman karena dengan berbagai macam bahan alami yang digunakan maka bisa mengurangi resiko dari efek samping yang tidak diinginkan.

Berikut ini cara menyembuhkan batuk pada anak yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

cara menyembuhkan batuk pada anak
Cara menyembuhkan batuk pada anak
  • Menggunakan perasan air lemon

Cara yang pertama yaitu kamu dapat memanfaatkan buah lemon yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kamu bisa memberikan si kecil perasan air lemon yang dapat melegakan dan mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

Kamu bisa membuat minuman lemon ini dengan menggunakan air hangat. Selain itu, jangan lupa juga memperhatikan kualitas dari lemon tersebut dan jangan terlalu banyak mencampurkan air ke dalam perasan lemon tersebut. Apabila anak tidak terlalu suka dengan rasa lemon yang terlalu asam, kamu bisa mencampurkan sedikit madu ke dalamnya.

Berikan air lemon ini sebanyak 2-3 hari dalam jangka waktu seminggu hingga batuk pada anak mereda.

  • Manfaatkan uap pada air hangat

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan uap dari air hangat untuk meredakan batuk pada anak. Dengan cara seperti ini maka lendir yang ada di dalam tenggorokan bisa keluar sehingga melegakan pernafasan pada anak.

Caranya, sediakan mangkuk berisikan air hangat dan biarkan anak menghirup uap dari air hangat tersebut kurang lebih selama 15 menit. Perlu diperhatikan juga, jangan sampai air yang berada dalam mangkuk itu terlalu panas karena dapat menyebabkan luka bakar pada kulit.

  • Menggunakan garam untuk meredakan batuk pada anak

Selain dimanfaatkan dan digunakan sebagai bumbu dapur, garam ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan dan menyembuhkan batuk pada anak. Larutan air garam ini dapat membunuh berbagai macam bakteri yang ada pada mulut anak.

Kamu bisa mencampurkan setengah sendok garam ke dalam air hangat dan kemudian melarutkannya. Sebelum kumur-kumur dengan air garam, akan lebih baik jika kamu mengarahkan si kecil berkumur-kumur larutan garamnya hingga mencapai tenggorokannya sehingga dapat membersihkan bakteri yang ada pada tenggorokannya. Setelah selesai berkumur jangan sampai lupa untuk membuangnya. 

Dengan rutin berkumur air larutan garam sebanyak 3 kali dalam sehari maka dapat mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan batuk pada si kecil.

  • Menyembuhkan batuk dengan mengkonsumsi buah nanas

Buah nanas selain segar untuk dikonsumsi seperti dijadikan tambahan pada rujak juga bisa memiliki manfaat sebagai pereda batuk. Pada buah nanas ini terkandung bromelain yang merupakan senyawa yang dapat mengencerkan lendir pada tenggorokan dan yang paling utama yaitu menyembuhkan batuk.

Selain dimakan secara utuh, kamu juga bisa menyediakan nanas sebagai obat batuk pada anak dalam bentuk jus. Kamu juga bisa mendapatkan buah nanas di berbagai pasar atau swalayan terdekat sehingga dapat dikatakan bahwa buah ini merupakan obat yang paling mudah dicari.

Demikian berbagai macam bahan-bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengobati batuk pada anak. Dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti ini kamu dapat mengurangi resiko dari efek samping penggunaan obat-obatan medis.