Anak gemuk dan chubby menjadi faktor bahwa mereka tumbuh sehat. Meski begitu, kita harus tahu seberapa tingkat gemuk si kecil yang bisa kita sebut ideal. Maka dari itu, penting bagi setiap ibu atau orang tua mengetahui berat badan anak ideal. Selain berat badan, orang tua juga harus mengetahui berapa tinggi badan yang ideal si kecil.

Karena, berat badan dan tinggi badan harus selaras idealnya. Untuk menilai ideal atau tidaknya tubuh si kecil, ternyata ada rumusnya. Caranya adalah dengan melakukan penilaian melalui Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT sendiri merupakan sebuah rasio standar berat badan terhadap tinggi badan si kecil.

berat badan anak ideal
Berat badan anak ideal

Selanjutnya, IMT juga dinilai menurut umur si kecil. Dengan begitu, kita bisa mengetahui berat dan tinggi badan ideal si kecil. Selain menilai dengan IMT, untuk mengukur tingkat kesehatan si kecil juga bisa dinilai dari beberapa poin berikut:

  • Nafsu makan mereka yang baik
  • Tidurnya yang nyenyak
  • Buang air besarnya teratur
  • Si kecil memiliki postur tubuh tegap dan otot yang padat
  • Rambut tumbuh kuat dan berkilau
  • Kulit dan juga kukunya bersih serta tidak pucat
  • Giginya bersih dan gusinya berwarna merah muda
  • Bergerak aktif
  • Berbicara lancar sesuai usianya

Anak sehat bisa dilihat dari posturnya yang gemuk. Namun, tetap perhatikan berat badannya, karena kegemukan pada si kecil juga bisa menjadi faktor yang mengganggu kesehatannya. Kegemukan terjadi karena timbunan jaringan lemak yang tidak normal pada tubuh mereka.

Lemak inilah yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan kecerdasan, perubahan reaksi kimia dalam tubuh, hingga perubahan reaksi kimia. Agar anak tumbuh sehat dan cerdas, pastikan Anda memberi mereka berbagai asupan makanan dengan gizi seimbang.

Jangan lupa juga memberi mereka susu dengan kandungan gizi seimbang, seperti Dancow. Dengan begitu, si kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan juga cerdas. Demikian ulasan seputar berat badan anak ideal. Pastikan Anda mengetahui apakah anak Anda sudah memiliki berat dan tinggi yang ideal atau belum? .

Pastikan mereka memilikinya karena menjadi patokan kesehatan mereka dari bentuk fisik. Pastikan Anda memberi asupan makanan dengan kandungan gizi seimbang setiap hari agar mereka tumbuh sehat dan juga pintar.