Indonesia merupakan negara yang strategis dan agraris, peranan industri dalam perekonomian Indonesia dengan sejarah perkembangannya tidaklah begitu amat berarti. Kita harus tahu bahwa saat dahulu, beberapa penduduk menggunakan industri kerajinan sebagai salah satu mata pencaharian. Peranannya hanya sekedar untuk tambahan penghasilan atau pekerjaan sambilan.

Umumnya mereka hanya di kerajinan yang bertendensi artistik daripada kewiraswastaan atau lebih berupa aspek kerja budaya daripada komersial. Sekarang ini, banyak negara-negara di dunia terus berupaya untuk menumbuhkan ekonominya. Dengan dukungan kadin indonesia langkah yang diambil dalam pengembangan industri di Indonesia adalah menerapkan Teknologi blockchain. Industri memang menjadi faktor fenomenal untuk menunjang perdagangan. 

kadin indonesia
kadin indonesia

Mereka saling bersaing untuk mendapatkan tempat di pasar global. Sebab, di dalam pasar global itu sendiri terjadi perdagangan bebas dari dan tentang suatu negara. Salah satu hal yang mendukung ialah sektor industrialisasi. Teknologi blockchain dapat diterapkan dalam banyak aspek kehidupan baik untuk berbagai sektor ekonomi, kepentingan layanan publik maupun pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

KADIN indonesia menilai teknologi Blockchain harus didorong pengembangannya di Indonesia. Mengenai ini memang tidak sebatas memperkenalkan teknologi blockchain di Indonesia tetapi juga menunjukkan kesiapan Indonesia untuk mengimplementasikan teknologi terbaru dalam berbagai sektor ekonomi. Program pengembangan industri di Indonesia ini akan menjelaskan berbagai tema mulai dari kepentingan pembangunan berkelanjutan, bisnis, industri dan teknologi hingga proyeksi arah pembangunan dunia di era digital.

Tema tersebut sesuai dengan karakter teknologi blockchain yang dapat diterapkan dalam banyak aspek seperti bisnis, layanan publik hingga riset dan teknologi. Saat ini, blockchain di Indonesia masih digunakan terbatas pada beberapa sektor jasa logistik dan perbankan. Dengan keunggulan pada aspek keamanan, transparansi dan efisiensi maka sangat terbuka kemungkinan teknologi ini akan diterapkan di sektor lainnya. 

Program global ini bisa menjadi medium transfer ilmu dan teknologi bagi perwakilan pemerintah dan swasta. Pengembangan industri di Indonesia juga akan memberikan manfaat bagi negara di industri 4.0. Teknologi blockchain dan penerapannya sangat berpotensi mengubah pola kerja perusahaan maupun pemerintah. Teknologi ini juga akan menghadirkan paradigma baru bagi dunia bisnis.

Secara khusus bagi Indonesia, pengembangan industri 4.0 blockchain dapat membuat bisnis berkembang dan berkelanjutan. Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet tercepat di dunia tingkat pertumbuhannya bahkan tiga kali lebih cepat. Program ini diharapkan bisa menjadi katalisator pemanfaatan teknologi di tanah air.