bayi 8 bulan bisa apa
Kesehatan

Bayi 8 Bulan Bisa Apa? Pemberian Stimulasi yang Tepat Untuk Bayi Usia Ini

Sebagai orang tua yang baik, sudah seharusnya bisa mengetahui bayi 8 bulan bisa apa saja, agar bisa membantu proses pertumbuhannya menjadi lebih optimal. 

Umumnya pada usia ini, bayi sudah mengalami berbagai pertumbuhan yang cukup signifikan. Seperti diantaranya sudah mulai bisa berkata-kata, mencoba merangkak, duduk, dan lain sebagainya. 

Agar proses pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik, maka Anda selaku orang tua wajib memberikan stimulasi yang tepat, yang ulasan lebih lengkapnya akan dibahas di bawah ini. 

Stimulasi yang Tepat Untuk Bayi Berusia 8 Bulan

Agar bayi 8 bulan bisa apa saja ini bisa berjalan dengan optimal, maka berikut pemberian stimulasi yang tepat. 

  • Rajin berinteraksi secara langsung

Dengan rajin berinteraksi secara langsung dengan bayi, sejatinya dapat merangsang perkembangan bahasa dan juga kognitifnya. Rutinlah mengajaknya bicara, serta berikan respon positif atas kemajuannya yang sudah berhasil diraih. 

  • Berikan mainan yang melibatkan gerakan

Memberikan mainan yang melibatkan gerakan seperti bermain bola atau balon, secara tidak langsung akan merangsang perkembangan motoriknya. Namun pastikan saja bahwa lingkungan sekitar tempat bermain sudah dijamin akan keamanannya. 

bayi 8 bulan bisa apa
bayi 8 bulan bisa apa
  • Ajak untuk bereksplorasi secara sensorik

Bayi yang sudah berusia 8 bulan biasanya akan tertarik dengan eksplorasi sensorik. Untuk itu Anda bisa memberikan dia kesempatan untuk merasakan berbagai benda yang bisa mengundang sensasi, suara hingga tekstur yang beragam.

  • Biarkan berinteraksi dengan bayi lainnya

Dengan membiarkan bayi Anda berinteraksi dengan bayi lainnya, sejatinya dapat mendukung mereka perihal peningkatan skill komunikasi, rasa empati dan keterampilan sosial lainnya.   

Selain memberikan stimulasi yang tepat untuk bayi 8 bulan bisa apa, penting juga untuk memperhatikan kebutuhan mendasarnya. Seperti diantaranya waktu tidur yang cukup, nutrisi yang seimbang, juga kasih sayang secara tulus. 

Untuk mendukung ruang gerak pada masa pertumbuhannya, juga Anda bisa berikan produk popok terbaik dari MAKUKU. Terbuat dari bahan SAP yang dikenal memiliki banyak kelebihannya, dibanding dengan produk popok lainnya. 

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *