Social Media Agency
bisnis

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Hire Social Media Agency

Memiliki kehadiran media sosial tidak dapat dinegosiasikan untuk bisnis saat ini. Menurut kami IDEOWORKS.ID sebagai Social Media Agency yang profesional, ini adalah bagian penting dari keseluruhan strategi pemasaran. Karena ini bisa membantu merek bisnis meningkatkan kesadaran mereka dan menghasilkan lalu lintas website. Menurut laporan State of Social 2019 Buffer, 73% pebisnis percaya bahwa upaya mereka melalui pemasaran media sosial “agak efektif” atau “sangat efektif” untuk bisnis mereka.

Ketika media sosial terus berkembang, begitu pula permintaan akan manajemen pemasaran melalui media sosial. Pemilik bisnis memiliki banyak tanggung jawab, yang dapat menyulitkan untuk memposting konten secara konsisten ke Facebook atau Twitter atau media sosial lainnya.

Namun, kami menemukan bahwa mempekerjakan sebuah manajemen pemasaran media sosial dapat membantu secara signifikan. Memiliki seseorang dalam peran ini dapat membantu membebaskan waktu Anda, memungkinkan Anda untuk fokus pada area lain sambil memperkuat kehadiran online dari merek Anda.

Anggota tim manajemen yang dapat membantu mengelola upaya media sosial ini adalah tambahan yang berharga bagi tim pemasaran bisnis mana pun. Berikut adalah empat hal yang harus diingat untuk itu.

Social Media Agency

1. Kapan Anda Harus Menyewa Manajemen Pemasaran Media Sosial

Bagaimana bisnis tahu kapan saatnya mempekerjakan seseorang untuk membantu upaya marketing di media sosial? Meskipun setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda, ada beberapa tanda bahwa ada waktunya untuk mempekerjakan posisi ini.

Jika sebuah bisnis sedang berjuang untuk mengelola prospek yang masuk dari saluran media sosialnya, ada baiknya untuk menambahkan tim profesional untuk upaya ini. Demikian juga, jika permintaan layanan pelanggan tidak dijawab, inilah saatnya untuk mengambil tindakan. Sebuah bisnis tidak boleh membiarkan akun media sosial mereka membiarkan hal semacam ini dari waktu ke waktu.

Mempertahankan kehadiran media sosial dapat memakan waktu, terutama sebagai pemilik bisnis. Mempekerjakan manajemen pemasaran media sosial memungkinkan Anda menghemat waktu dan menghindarkan diri dari stres di kemudian hari.

2. Mempekerjakan Full-Time Versus Freelance 

Saat mempekerjakan seseorang untuk membantu mengelola upaya media sosial, bisnis harus mempertimbangkan apakah mereka ingin mempekerjakan seseorang secara penuh (full-time) atau tenaga lepas (freelance). Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Misalnya, mempekerjakan manajer pemasaran media sosial full-time membutuhkan investasi keuangan yang lebih signifikan. Namun, orang ini dapat membentuk hubungan dengan merek dan, oleh karena itu, lebih mungkin selaras dengan tujuan perusahaan.

Freelancer mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya dan fleksibel untuk bisnis. Namun, mereka mungkin tidak mengenal seluk beluk perusahaan seperti pekerja internal. Perusahaan mungkin harus menghabiskan waktu terus menerus membimbing dan memperbarui karyawan lepas. Tetapi lain halnya jika Social Media Agency yang Anda gunakan adalah orang-orang yang profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Bisnis harus mempertimbangkan pro dan kontra dari setiap situasi perekrutan. Sebuah bisnis mungkin juga mempertimbangkan untuk mempekerjakan seseorang berdasarkan kebutuhan dan mentransisikannya menjadi karyawan full-time berdasarkan kinerja mereka. Pendekatan ini memungkinkan bisnis untuk mengawasi anggarannya sambil juga mengelola karyawan.

3. Keterampilan yang Harus Diperhatikan Saat Mempekerjakan

Ini tidak sesederhana mempekerjakan seseorang yang tahu bagaimana menggunakan media sosial. Manajer pemasaran media sosial memainkan banyak peran, termasuk membuat konten, membuat jadwal postingan konten di media sosial, perencanaan strategis, menjawab pertanyaan pelanggan, dan banyak lagi.

Ada beberapa keterampilan penting yang harus dicari bisnis saat mempekerjakan manajer pemasaran media sosial:

a. Mampu beradaptasi dengan bisnis apapun

Kehadiran media sosial untuk bisnis harus selaras dengan tone merek bisnisnya. Jika tidak, pelanggan akan cepat menjadi bingung. Manajer pemasaran media sosial yang terampil harus dapat beradaptasi dengan hal ini atau dapat beralih di antara banyak strategi untuk beberapa merek. Mereka juga harus memahami cara terhubung dengan audiens target bisnis di media sosial.

b. Mahir mengelola banyak akun

Saat ini, banyak bisnis menyulap banyak akun media sosial. Setiap saluran memiliki kepribadian yang berbeda dan praktik terbaiknya sendiri dalam hal konten, teks, dan dukungan pelanggan. Bisnis yang memiliki banyak akun sosial membutuhkan manajer pemasaran media sosial yang dapat mengikuti banyak jaringan. Penting juga untuk memastikan orang ini terbiasa dengan alat manajemen media sosial yang akan membantu mereka menjadi lebih produktif.

c. Didedikasikan untuk kolaborasi

Manajer pemasaran media sosial tidak boleh dibatasi dari anggota tim lainnya. Terlepas dari apakah mereka datang ke kantor setiap hari atau bekerja dari jarak jauh, mereka harus bersedia berkolaborasi dengan pemilik bisnis serta tim pemasaran merek, jika ada. Bisnis membutuhkan seseorang yang dapat mengikuti perkembangan terkini sehingga mereka dapat menjalankan akun media sosial secara efektif.

4. Cara Membuat Konten Bersama

Ketika sebuah bisnis mempekerjakan seorang manajer pemasaran media sosial, mungkin diharapkan untuk menemukan seseorang yang dapat melakukan semuanya. Namun, mempertahankan kehadiran media sosial membutuhkan upaya tim. Di tempat kerja saat ini, semakin penting bagi pemilik bisnis dan eksekutif untuk berperan aktif dalam upaya media sosial perusahaan mereka.

Bergantung pada ukuran tim, pemilik bisnis dan karyawan lain harus bekerja sama dengan manajemen pemasaran media sosial mereka untuk membuat beberapa konten. Sebagai wajah bisnis, mereka yang memegang peran kepemimpinan harus bekerja sama dengan manajer pemasaran media sosial untuk membuat konten yang menarik untuk media sosial.

Semua hal di atas mungkin bisa dilakukan oleh tim internal Anda sendiri. Tetapi dengan melihat kemampuan tim internal yang mungkin tidak kompeten jika dibandingkan dengan Social Media Agency yang profesional, akan lebih worth-it untuk menyewa pihak eksternal seperti IDEOWORKS.ID. Karena agensi yang berpengalaman ini pasti memiliki pengalaman bersama banyak klien yang mungkin tidak dimiliki oleh orang-orang di bidang ini tetapi hanya tahu teorinya saja.

Comments Off on 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Hire Social Media Agency