Kualitas tidur yang bagus akan membantu kita untuk bisa beraktivitas di siang hari. Namun tahukah Anda, terkadang kualitas tidur kita juga dipengaruhi oleh pencahayaan di kamar tidur? Maka dari itulah, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda desain kamar tidur yang baik dengan pencahayaan yang optimal.

Ada beberapa aspek penting yang perlu Anda perhatikan saat berencana mengoptimalkan pencahayaan di kamar tidur. Berikut ini kami sudah merangkum cara-caranya kepada Anda.

1.  Memperhatikan Ukuran Lampu

Sebelum Anda berencana membeli lampu, alangkah baiknya Anda mengukur ukuran kamar terlebih dahulu. Pasalnya, ukuran kamar dapat mempengaruhi jenis lampu yang bisa Anda gunakan di ruangan tersebut.

Selain itu, ukuran lampu juga dapat mempengaruhi jarak penerangannya. Pilihlah lampu yang dapat menerangi semua ruang dalan zona-zona tertentu. Dengan begitu, penerangan di kamar menjadi lebih maksimal dibandingkan dengan menggunakan ukuran yang lebih kecil dari luas ruangan.

2.  Sesuaikan Jenis Lampu Sesuai Aktivitas  

Selain ukurannya, pertimbangkan juga jenis lampu yang akan Anda beli. Pertama-tama, silakan pertimbangkan kegiatan-kegiatan Anda yang sering dilakukan di dalam kamar tersebut.

desain kamar tidur
desain kamar tidur

Contohnya seperti bekerja di depan komputer, maka lampu carilah lampu dengan cahaya yang nyaman sehingga tidak membuat mata lebih cepat lelah. Selain itu, cahaya yang nyaman akan membuat mata tidak bekerja lebih keras karena cahaya yang minim.

3.  Pertimbangkan Ketinggian Kamar

Selain ukuran atau luas kamar, cek juga ketinggian ruangan kamar yang Anda miliki. Sebagai informasi, ketinggian ruangan luas dan juga luas ruang dapat mempengaruhi cahaya yang akan dibutuhkan.

Maka dari itu, silahkan Anda cek terlebih dahulu tinggi dan luas ruangan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pencahayaan yang tepat. Setelah itu, silahkan pilih jenis lampu yang sesuai dengan luas dan tinggi ruangan.

4.  Memperhatikan Penempatan Posisi Lampu

Jangan lupa juga untuk menentukan tempat yang tepat saat menempatkan lampu yang sudah Anda beli. Pencahayaan kamar tidak boleh langsung berada tepat di atas tempat tidur Anda. Pasalnya, lampu yang ada di bagian tengah akan mengakibatkan Anda untuk terus menatap lampu saat sedang berbaring. Hal inilah yang dapat memicu Anda susah beristirahat.

5.  Menggunakan Lampu Secukupnya Saja

Penggunaan lampu yang ideal cukup lampu utama dan lampu portable saja.  Jika ingin menambah, hanya lampu meja saja di meja belajar, meja kerja, atau meja membaca maupun menulis.

Perlu Anda ketahui, bahwa terlalu banyak menggunakan lampu sebagai sumber cahaya, maka akan membuat ruangan terasa tidak nyaman. Selain itu, ruangan pun akan terlalu mencolok.

6.  Mengatur Mood untuk Kamar Tidur

Selain tingkat pencahayaan, warna lampu juga sangat berpengaruh pada mood kamar. Maka dari itu, perhatikanlah saat memilih warna lampu yang tepat. Pastikan jangan salah memilih jenis lampu karena cahaya yang dihasilkan bisa berbeda-beda.

Kita ambil  contoh salah satunya, bagi Anda yang ingin mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, maka pilihlah lampu dengan cahaya redup dibandingkan lampu yang cahayanya terang.

Kesimpulan

Lampu bisa mempengaruhi kenyamanan suatu ruangan, termasuk kamar tidur. Untuk memberi kenyamanan saat tidur maupun beraktivitas lainnya, gunakan lampu utama dan lampu portable. Pilih lampu portable yang tidak terlalu terang sebagai lampu tidur Anda.

Itulah informasi seputar desain kamar tidur bagaimana cara mengoptimalkan pencahayaan. Bagaimana, cukup mudah bukan? Untuk informasi seputar tips desain yang lainnya, kini Anda bisa menemukannya di Master Rumah.