Dewasa ini, sekolah tentang dunia desain grafis semakin bertambah dari waktu ke waktu. Hal tersebut tak lepas dari banyaknya orang yang sudah ingin mulai menggeluti dunia desain grafis. Dari banyaknya sekolah tersebut, tentu kita harus selektif dalam memilih sekolah desain yang berkualitas agar ilmu , lingkungan dan jaringan yang didapat bisa menjadi lebih luas lagi. 

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sekolah jurusan desain, antara lain adalah sebagai berikut. 

1. Pertimbangkan Kurikulum nya 

Kurikulum sebuah jalur yang harus diikuti oleh seorang peserta didik di suatu Instansi. Setiap instansi tentunya memiliki kurikulum yang berbeda – beda. Inilah mengapa, kita harus senantiasa mempertimbangkan kurikulum yang ada di sebuah institusi yang akan kita ambil. 

Sekolah desain yang memang benar – benar berkualitas tentunya memiliki kurikulum yang padat serta berisi dan kontemporer atau bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. 

Jika kurikulum sebuah instansi jurusan desain sudah usang dan tidak diperbarui, maka dikhawatirkan peserta didiknya tidak bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. 

Pastikan pula bahwa kurikulum sebuah instansi yang Anda pilih memiliki pelaran atau mata kuliah praktik, bukan sekedar teori, karena nantinya, inilah yang akan menjadi lebih berguna untuk kehidupan Anda. 

sekolah desain
sekolah desain

2. Pertimbangkan Fasilitasnya 

Semakin lengkap sebuah fasilitas sekolah untuk jurusan desain, maka akan semakin nyaman juga Anda belajar di sana. Adapun fasilitas yang dimaksud adalah seperti komputer, perpustakaan, buku – buku soal desain dan ruang belajar yang nyaman. 

IDS international Design school, fasilitas yang diberikan oleh Instansi lumayan cukup lengkap dan memadai seperti Audio Production Room, Animation Light Box, dan Online Editing Room. 

3. Pertimbangkan profil lulusan Alumni Instansi 

Membicarakan kesuksesan atau seorang alumni salah satu instansi yang sudah bekerja mungkin menjadi hal yang tabu bagi beberapa orang. Namun, pada kenyataannya, hal tersebut benar – benar berpengaruh. Sekolah yang bagus akan mencetak banyak orang – orang sukses di bidangnya.

IDS international Design school merupakan  salah satu instansi yang tentunya memiliki profil alumni  yang  bagus. Banyak alumni yang setelah menempuh pendidikan di sini sekarang bekerja di perusahaan bonafide. 

4. Pastikan Tenaga Pengajarnya Kredibel dan Profesional 

Tenaga pengajar suatu instansi tentu merupakan hal utama yang harus dipertimbangkan. Semakin kredibel dan profesional tenaga pengajar, maka kualitas siswa yang dihasilkan akan semakin lebih baik juga. 

Pastikan bahwa tempat Anda untuk sekolah jurusan desain memiliki pengajar yang benar – benar kredibel yang juga merupakan praktisi di bidangnya. 

Dengan begitu, Anda tidak hanya akan diajarkan berupa teori semata namun juga praktik untuk terjun langsung di dunia desain grafis. 

5. Pertimbangkan Banyaknya Jumlah Siswa yang Ada dalam Satu Sekolah dan Satu Kelas 

Banyaknya siswa dalam satu sekolah atau dalam satu kelas memang tidak bisa menjadi pertimbangan utama, namun setidaknya hal ini mampu menjadi tanda bahwa sebuah sekolah dapat dipercaya. 

Sebuah sekolah yang bagus tentunya memiliki peminat yang banyak, hal tersebut bisa saja berdampak kepada jumlah siswa yang lebih banyak daripada sekolah lainnya. 

Sedangkan sekolah yang berkualitas, biasanya jumlah siswa dalam satu kelas hanyalah sedikit. Pasalnya jumlah siswa yang terlalu banyak dalam sebuah kelas bisa membuat sebuah pembelajaran menjadi tidak efektif dan tidak fokus. 

Sekolah yang berkualitas memiliki prinsip lebih baik jumlah siswa dalam satu kelas sedikit namun memiliki kegiatan belajar dan mengajar yang efektif. 

Sekian yang bisa kamu bahas mengenai tips memilih sekolah desain. Untuk Anda yang sedang mencari sekolah jurusan desain tanpa mengesampingkan tips di atas mungkin IDS international Design school merupakan pilihan terbaik untuk Anda.