Balita atau bayi di bawah lima tahun yang sudah bisa berjalan membutuhkan sepatu untuk melindungi kakinya. Namun pemilihan sepatu balita ini tidak boleh sembarangan. Jangan hanya karena menyukai modelnya saja, Anda kemudian memilih sepatu tersebut. Sepatu untuk balita harus nyaman dan tidak membuat mereka tergelincir. Selain itu, sepatu harus memiliki ukuran yang tepat, fungsi yang baik, serta bentuk yang nyaman. Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda menemukan sepatu yang tepat:

Lakukan Pengukuran

Anda harus mengetahui berapa ukuran pasti sepatu untuk si Kecil agar tidak kebesaran atau kekecilan. Apalagi jika membeli online si Kecil tidak bisa mencobanya langsung sehingga pengukuran sangat penting dilakukan. Ingat bahwa pertumbuhan si Kecil sangat pesat, jadi sering-seringlah untuk melakukan pengukuran.

Minta Si Kecil Mencoba Sepatu

Jika membeli secara offline atau datang ke toko langsung, Anda bisa mengajak si Kecil dan meminta mereka mencobanya. Pastikan si Kecil berdiri tegak saat mencoba sepatu. Minta si Kecil agar tidak melipat atau melengkungkan kakinya. Pasalnya hal tersebut bisa mempengaruhi ukuran sepatu sehingga tidak bisa pas.

Cek Ujung Sepatu Saat Dikenakan

Cara yang tepat untuk mengetahui apakah ukurannya sudah cocok atau belum yaitu dengan mengecek ujung sepatu saat dikenakan. Langsung saja tekan ujung sepatu ketika si Kecil sedang menggunakannya. Pastikan bahwa ujung jari jempol kaki mereka tidak menyentuh bagian dalam sepatu. Sepatu dikatakan pas jika ujung jari berjarak sekitar 1-1,5 cm dari bagian sepatu.

Pastikan Ukurannya Pas

Mungkin sebagian Ibu berpikir untuk membeli sepatu balita dengan ukuran lebih besar. Pasalnya balita memiliki perkembangan yang cepat sehingga sepatunya akan cepat kekecilan juga. Hindari hal tersebut karena sepatu yang kebesaran bisa membuat si Kecil kesulitan dalam berjalan. Karena itu, mereka akan lebih mudah jatuh atau tersandung saat berjalan. 

Bagian Tumit Jangan Anda Lupakan

Bagian tumit sering kali dilupakan saat memilih sepatu untuk si Kecil. Padahal ini juga menjadi salah satu bagian yang penting. Pilih sepatu yang tidak membuat kaki si Kecil merosot ke depan. Sepatu yang demikian membuat lecet karena kaki yang tergesek.

Gunakan Kaus Kaki

Beberapa anak suka mengenakan sepatu dengan kaus kaki. Apabila anak Anda salah satunya maka pertimbangkan ukuran sepatu setelah mengenakan kaus kaki. Pasalnya penggunaan kaus kaki ini akan membuat ukuran sepatu terasa lebih kecil.

Pilih Bahan yang Tepat

Bahan memengaruhi kenyamanan sebuah sepatu. Bagi anak-anak, bahan yang cocok dipilih adalah kulit, kain, dan kanvas. Pastikan juga ada pori-pori di sepatu yang membuat sirkulasi udara lancar sehingga kaki tidak lembap.

Sol Luar Harus Anti Slip

Sepatu yang licin sangat berbahaya bagi balita yang baru saja bisa berjalan. Agar tidak licin, maka Anda harus memilih sepatu yang anti slip. Hindari juga sol yang memiliki lekukan dalam karena berisiko membuat si Kecil tersandung akibat tersangkut.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk menemukan sepatu balita yang tepat. Me and Mon Official adalah toko online yang menyediakan perlengkapan anak, termasuk sepatu untuk para balita. Kelebihan sepatu dari toko ini yaitu sudah adanya SNI Certified sehingga terbukti keamanannya. Selain itu, ukuran yang disediakan juga beragam mulai dari ukuran 22 hingga 25.

Toko Me and Mon Official menyediakan sepatu dengan model dan desain beragam. Anda bisa memilih sepatu sesuai gender serta selera karena pilihannya sangat banyak. Selain sepatu, Me and Mon Official juga menjual busana anak seperti baju tidur, dress, gamis dan koko, dan lain-lain. Langsung kunjungi website meandmonofficial.com untuk melihat koleksinya. Di website tersebut Anda juga bisa melakukan pemesanan secara online dengan penawaran discount shipping.