Minimalisme telah ada selama lebih dari lima puluh tahun dan meskipun multi aspek, kesederhanaan adalah intinya. Hal yang sama berlaku di rumah dan dapur kita di mana garis yang bersih dan desain yang bebas dari hal-hal rumit adalah pilihan utama. Inti dari mengadopsi desain dapur sederhana adalah menciptakan pola dan garis besar yang lugas dengan memilih objek, bahan, ruang, dan bentuk yang sederhana. 

Jika Anda ingin memperkenalkan desain dapur minimalis di rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Khususnya sebelum Anda menghubungi ahli desain dapur dari MasteRumah.id dan masuk ke bagian perencanaan. Pada bagian ini, kita akan membahas lima fitur penting dari desain dapur yang minimalis. 

Kekurangan itu Kelebihan

Dengan gaya yang minimalis, ini semua tentang menjaga hal-hal sederhana. Tetapi menyederhanakan desain dapur tidak berarti mengabaikan elemen desain yang penting secara total. Sebelum Anda mulai, pastikan Anda memiliki semua hal penting yang Anda perlukan untuk proyek yang sudah selesai dan tidak lebih. Intinya adalah untuk tidak menyerah pada godaan dan menjaga diri Anda dari menambahkan detail yang tidak perlu dan biarkan desain itu berbicara sendiri.

Pilih lemari dengan panel pintu yang kokoh dan manfaatkan setiap sudut serta celah untuk penyimpanan. Pilih warna monokromatik yang akan menonjolkan elemen minimalis di dapur Anda. Jika Anda harus menambahkan warna, pilih tone warna sederhana yang menenangkan dan tidak terlalu tegas.

Garis Bersih

Sangat penting untuk menjaga garis desain di dapur minimalis Anda tetap segar dan bersih. Sudut tajam, gagang dan engsel tersembunyi bersama dengan tepian persegi semuanya menambah garis dan sudut potongan yang jelas.

Desain minimalis sangat bersandar pada penggunaan persegi panjang dan bujur sangkar dengan garis horizontal dan vertikal sederhana. Jadi simpan ini saat memilih ubin dan hasil akhir lainnya. Tetap carilah yang berbentuk kotak dari desain minimalis karena menonjolkan tata letak persegi dan persegi panjang di ruang dapur. 

Desain dapur sederhana
Desain dapur sederhana

Bebas Clutter (Berantakan)

Mungkin aspek yang paling penting adalah menjaga dapur Anda sebersih mungkin. Harus ada tempat untuk segala sesuatu dan segala sesuatu harus ada di tempatnya. Pilih solusi penyimpanan yang cerdas dan tempat sampah tersembunyi untuk mendapatkan tampilan bersih dan rapi yang tidak berantakan.

Sebagai aturan praktis, gaya minimalis dikaitkan dengan ruang terbuka dan bebas. Tetapi jika Anda tidak dapat membuat desain dapur yang lapang, cobalah yang terbaik untuk menirunya dengan menjaga barang-barang yang ada di rak dan meja Anda seminimal mungkin.

Pilih Palet Sebagai Fokus Utama

Hanya karena desainnya minimalis, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki focal shade di dapur Anda. Tetapi penting bagi Anda untuk memilih satu tekstur atau warna yang dominan agar tidak melemahkan efeknya secara keseluruhan. Pemasangan lampu yang eye-catching di atas area dapur utama adalah cara lain yang brilian untuk menambahkan rasa dan kepribadian pada ruang desain dapur sederhana Anda. 

Kecantikan Bahan

Konsep minimalis dijalin untuk merayakan keindahan bahan mentah. Untuk ini, memilih warna dan tekstur yang tepat sangat penting agar memilih desain yang menonjol dengan segala kemegahannya. Menggunakan kayu atau beton yang terekspos memiliki daya tarik tersendiri karena tidak perlu melengkapi ruang dengan ornamen apa pun. 

Desain dapur sederhana itu canggih, ramping dan halus. Tetapi tanpa bimbingan yang tepat, Anda mungkin berakhir dengan ruang yang tidak memiliki kepribadian dan penampilan serta terasa tidak lengkap.

Dengan masukan yang luar biasa dari para ahli di MasteRumah.id, Anda akan dapat menapaki garis halus ini dengan penuh gaya. Para ahli dan vendor dari MasteRumah.id dapat membantu Anda mewujudkan dapur minimalis impian Anda yang menonjol.