Tidak semua jenis cincin yang mahal adalah cincin yang berkualitas bagus. Banyak harga cincin nikah yang harganya mahal, tapi berlian yang digunakannya palsu. Untuk mencegah hal-hal tersebut, ada baiknya Anda memperhatikan berbagai aspek sebelum membeli cincin. Anda harus memastikan harga yang ditawarkannya sesuai dengan kualitasnya.

Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan. Nah, kami akan coba jelaskan apa saja yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah pilih. Selain itu, tujuannya agar harga dan kualitas cincin sesuai.

Faktor yang Menyebabkan Harga Cincin Berbeda

Ada banyak faktor yang menyebabkan harga cincin kawin berbeda-beda. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja faktor-faktornya agar Anda bisa mengetahui apakah kualitas cincin sudah sesuai dengan harganya atau belum.

Harga Cincin Nikah
Harga Cincin Nikah

1.      Faktor 4C Pada Berlian

4C atau clarity, cutting, color, dan carat adalah rumus untuk menentukan kualitas berlian. Semakin bagus kualitas 4C pada berlian, harganya pun akan menjadi semakin mahal. Rumus 4C ini biasanya ada pada sertifikat cincin berlian.

Clarity adalah penilaian kejernihan berlian, cutting yaitu potongan dan bentuk berlian, color adalah tingkatan warna berlian, sedangkan carat yaitu berat berlian. Semuanya menjadi faktor penting yang menentukan harga cincin berlian.

2.      Keaslian Material dan Berlian

Saat ini di pasaran ada cukup banyak emas imitasi maupun berlian imitasi. Bahkan beberapa di antaranya ditawarkan dengan harga yang cukup besar. Sebelum membeli, Anda harus memperhatikan keasliannya terlebih dahulu. Tujuannya agar harga dan kualitasnya berbanding lurus.

Cara mengecek keaslian berlian cukup mudah. Pasalnya, kebanyakan toko perhiasan saat ini memiliki sebuah alat yang bernama diamond selector. Anda bisa meminta pemilik toko untuk membuktikan keasliannya dengan menggunakan alat tersebut.

3.      Jenis Berlian Biasa dan Fancy Diamond

Ada perbedaan harga antara jenis berlian biasa dengan jenis fancy diamond. Berlian biasa memiliki warna putih jernih. Ada juga yang agak kekuningan, atau kuning kusam yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis warna putih.

Sedangkan untuk jenis fancy diamond, memiliki warna-warna yang beragam. Mulai dari warna kuning keemasan, merah muda, biru, dan beberapa warna lainnya. Fancy diamond umumnya sangat mahal dibandingkan dengan jenis berlian biasa.

4.      Desain Cincin Pernikahan

Desain juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harga dari cincin pernikahan. Contohnya seperti jenis cincin custom yang dibuat khusus oleh desainer cincin ternama. Harganya semakin mahal karena desainnya unik dan juga berbeda dari jenis cincin biasa.

Bahkan desain cincin custom lebih menarik karena didesain khusus. Cincin nikah biasanya dibuat identik antara satu pasangan dengan yang lain.

Cincin Kawin Terbaik di Mondial Jeweler

Bingung mencari jenis cincin nikah terbaik? Kini Anda bisa memesannya di Mondial Jeweler. Ada banyak sekali desain cincin terbaik untuk kebutuhan pernikahan. Selain itu, di sini Anda juga bisa memesan cincin nikah custom yang jauh lebih unik.

Harga yang ditawarkannya pun cukup beragam karena ada banyak sekali jenis dan kualitasnya. Selain itu, jenis cincin custom di Mondial Jeweler juga dibuat oleh desainer perhiasan ternama sehingga kualitas cincinnya menjadi lebih premium dibandingkan dengan membeli cincin custom di tempat lain.

Selain itu, ada banyak sekali desain menarik yang cocok untuk cincin pernikahan Anda. Berlian yang ditawarkannya pun cukup beragam.

Demikian informasi seputar hal-hal yang dapat membedakan antara harga cincin nikah satu dengan yang lainnya. Semoga informasi ini bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan saat ingin membelinya.