Pernahkan mendengar berita tentang  seseorang yang tiba-tiba kehilangan saldo tabungan tanpa merasa menggunakannya? Ketika di periksa dalam Rekening Koran dan Buku Mutasi, ternyata ada banyak pembelajaan dan transfer kepada nomor yang tidak dikenal.

Kasus tersebut dapat berasal dari kebocoran akun payment gateway sehingga hacker jahat masuk dan mengambil keuntungan dari uang yang berada di dalam akun. Sama seperti sistem pembayaran online lainnya, payment gateway BCA  perlu kewaspadaan dalam penggunaannya. Karena sistemnya yang menggunakan jaringan internet tentu menggiurkan hacker yang ingin mengambil keuntungan dari uang yang ada di dalam akun.

payment gateway BCA

 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika memiliki akun payment gateway BCA, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Kerahasiaan PIN

PIN adalah pengaman dalam payment gateway BCA. Seperti pintu sebuah rumah, PIN berfungsi sebagai kuncinya. Sehingga, hacker jahat berusaha membobol PIN untuk mengeruk saldo tabungan.  Karena, seluruh transaksi menggunakan BCA KlikPay ini disalurkan atau ditarik dari tabungan.

Sebagai tindakan pencegahan, ganti user Id password/PIN secara berkala dengan kombinasi yang unik. Hindari menggunakankombinasi tahun dan tanggal lahir, karena sangat mudah terlacak oleh hacker jahat. Demikian juga PIN Key BCA, harus sering diganti untuk menghindari perentas dan jangan pernah memberikannya kepada siapapun, karena pihak bank tidak pernah memintanya.

2. Pilih Secure Connection

Pada saat mengakses BCA KlikPay, pastikan selalu untuk menggunakan jaringan yang aman. Hindari menggunakan wifi di tempat umum, seperti bandara, mall, taman dan yang lainnya. Karena perentas akan mudah menemukan alamat IP yang berujung pada kebocoran akun payment gateway BCA.  Sebab, alamat IP sama seperti pintu gerbang sebuah rumah, sedangkan Pin adalah kunci rumah. Jika pintu gerbangnya sudah terbuka, maka keamanan dan kerahasiaan data juga sangat riskan bocor.

3. Pilih Situs Terpercaya

Banyak kasus penipuan dalam transaksi belanja online, sehingga pastikan situs tempat berbelanja adalah situs yang aman dan terpercaya. Karena, ada beberapa situs yang lemah dan mudah dimasuki perentas jahat, sehingga data dan kerahasiaan user menjadi bocor.

Demikian pembahasan mengenai perlunya waspada terhadap keamanan payment gateway BCA sehingga akun aman dan terjaga kerahasiaan data-data serta saldo tabungannya.