Rumah yang menerapkan konsep industrial dan minimalis menjadi salah satu tren tersendiri bagi kalangan milenial dan pasangan muda saat ingin membuat sebuah hunian. Untuk mendapatkan desain arsitektur juga interior dengan konsep tersebut ada berbagai macam pilihan alternatif material yang bisa digunakan sebagai bahan konstruksi ataupun finishing dari bangunan tersebut.

Salah satu material dasar yang sangat cocok digunakan untuk hunian dengan konsep industrial maupun minimalis yang bisa menambah nilai estetik adalah finishing lantai semen. Lantai semen bisa menjadi pilihan yang sangat tepat terlebih lagi apabila semen yang digunakan memiliki kualitas semen terbaik.

kualitas semen
kualitas semen

Semen pada umumnya digunakan sebagai bahan perekat batu bata yang pada saat ini bisa di aplikasikan untuk pelengkap interior atau bangunan lainnya salah satunya sebagai lantai. Kualitas sama yang yang baik akan membuat lantai semen terlihat lebih estetik serta memiliki daya tahan yang sangat baik.

Ada beberapa macam pilihan desain lantai semen bagi hunian yang memiliki konsep industrial maupun minimalis salah satunya adalah lantai semen ekspos. Konsep ini merupakan salah satu pilihan desain lantai semen yang cukup banyak digunakan untuk rumah-rumah.

Desain lantai semen ekspos sering digunakan pada ruangan yang tidak terkena air seperti ruang keluarga, kamar tidur hingga ruang makan. Jenis lantai ini juga memiliki kelebihan lainnya itu hemat biaya dan memberikan tampilan yang lebih terlihat natural dan sangat cocok untuk rumah dengan konsep minimalis maupun industrial.

Pilihan desain lantai semen selanjutnya dari kualitas semen terbaik yang cocok untuk hunian dengan konsep industrial dan minimalis adalah kombinasi lantai semen dan keramik. Desain ini sangat cocok digunakan di beberapa macam area terbuka seperti ruang tamu maupun tempat-tempat yang biasa digunakan oleh banyak orang. Agar menambah kesan artistik kombinasi keramik yang digunakan juga perlu dipilih berdasarkan desain dan pola seperti keramik dengan motif hexagonal, mozaik hingga printed.

Lantai semen dengan pola geometris juga menjadi salah satu pilihan desain lantai semen yang bisa digunakan untuk rumah minimalis maupun industrial. Salah satu cara untuk mendapatkan tekstur dan warna yang berbeda di bagian finishing semen di lantai tersebut adalah dengan mengombinasikan berbagai macam jenis semen sehingga mampu mengeluarkan pola geometris yang akan menambah nilai artistik rumah.