Untuk memiliki anak semuanya harus dipersiapkan dengan baik termasuk mental anda, selain itu agar anda bisa segera hamil penting sekali bagi anda untuk mengetahui masa subur dimana sel telur harus ada di dalam rahim dan siap untuk dibuahi atau dinamakan dengan ovulasi. Untuk mendeteksi masa subur tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara salah satunya yaitu melalui kalender kesuburan yang bisa anda hitung sendiri dengan menggunakan rumus kurangi 18 dan rumus kurangi 11 untuk mengetahui awal dan akhirnya masa subur anda. Sebelum lebih lanjut dalam menghitung bagaimana mengetahui masa subur perlu anda ketahui beberapa hal yang dapat meningkatkan kesuburan anda diantaranya yaitu sebagai berikut ini. 

Hasil gambar untuk gambar femometer
kalender Kesuburan

Pertama perhatikan makanan anda terutama masalah gizi yang diperlukan tubuh sebab dengan gizi yang baik, tubuh akan merespon baik sehingga akan meningkatkan kesuburan anda. kedua, hindrai stres sebab stres akan membuat membuat tingkat kesuburan menurun. Ketiga, rajin berolah raga sebab dengan olah raga tubuh akan lebih sehat dan berat badan pun akan lebih ideal dengan demikian tubuh yang sehat akan menjadikan kesuburan anda meningkat. Selanjutnya untuk perhitungan masa subur dengan kalender sangatlah mudah yakni dengan rumus kurangi 18 dan kurangi 11.

  1. Pertama hitung siklus haid anda yakni dengan cara menghitung hari pertama anda haid sampai hari pertama haid kembali pada bulan berikutnya. Hitung selama 6 bulan berturut-turut kemudian ambil siklus terpendek dan terpanjangnya.
  2. Untuk siklus terpendek maka dikurangi 18 hasilnya merupakan tanda masa awal subur anda.
  3. Untuk siklus terpanjang maka dikurangi 11 hasilnya merupakan akhir masa subur anda.

Itulah cara perhitungan masa subur dengan menggunakan kalender kesuburan, sangat mudah sekali bukan, adapun jika anda ingin lebih yakin kapan masa subur anda dimulai maka anda bisa menggunakan sebuah alat tes yaitu femometer yang bisa mendeteksi masa subur anda seakurat mungkin sehingga akan lebih membantu anda proses mendapatkan kehamilan dengan lebih cepat.