Ketika anak tiba – tiba menangis tanpa alasan yang jelas, ini salah dan itu salah, hingga ia mengamuk bahkan tak jarang hingga melakukan aksi yang lebih ekstrim seperti memukul – mukul ibunya, itulah beberapa sikap yang menunjukkan jika anak sedang tantrum.

Tantrum ini biasa terjadi jika anak memiliki keinginan yang tidak dituruti atau saat anak sedang memiliki mood yang kurang baik. Disinilah kedekatan antara ibu dan anak harus dimanfaatkan dengan baik agar anak bisa segera berhenti bersikap tantrum.

ibu dan anak
ibu dan anak

Ketika anak memiliki keinginan tertentu, apalagi di tempat umum yang akhirnya membuat anak menangis dan mengamuk, tak sedikit ibu yang justru tidak sabar dan merasa jengkel dengan keadaan tersebut.

Seorang ibu dan anak yang sedang tantrum di hadapan umum bisa menjadi tontonan orang disekitarnya. Ibu yang tak tahu menenangkan anaknya terkadang begitu saja memaksa anaknya untuk diam dengan membentak bahkan membawa anak secara paksa untuk pergi dari tempat tersebut.

Hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan karena justru bisa semakin memperparah tantrum anak. Ada cara lain yang dapat dilakukan ibu untuk menghadapi anak yang sedang tantrum, diantaranya:

  1. Tetap bersikap tenang di hadapan anak yang sedang tantrum. Meski menjadi tontonan banyak orang, tak perlu dihiraukan. Tetap sabar sambil membujuk anak dengan cara lembut. Membentak atau bersikap kasar justru bisa membuat pandangan orang lain menjadi buruk ada kita.
  2. Ketika anak ingin sesuatu yang belum bisa kita kabulkan, maka cobalah untuk alihkan perhatiannya dengan menawari hal lain yang mungkin kita berikan. Misalnya, anak ingin mainan yang harganya sangat mahal, maka cobalah untuk alihkan dengan menawari mainan yang lebih murah dengan kalimat seperti “Nak, yang ini lebih bagus dari pada mainan itu, lihat warnanya! Lebih cantik kan? Mainan ini ringan bisa kamu bawa kemana – mana. Yang itu berat nanti kamu susah bawanya”, dan kalimat bujukan lainnya.
  3. Berikan anak waktu untuk mencurahkan semua emosi lewat tangisannya, lalu rangkulah ia ke dalam pelukan dengan kasih sayang yang lembut agar merasa lebih tenang.

Anak yang tantrum juga bisa terjadi karena anak mengantuk atau tidurnya tidak nyenyak. Agar anak bisa tidur lebih nyenyak, maka pastikan ruangan tidak berisik. Kita juga bisa berikan susu untuk membuat anak tidur dengan nyenyak.

Berikan susu Dancow yang memiliki rasa yang enak dengan kandungan nutrisi lengkap sebelum anak tidur karena susu dipercaya bisa membuat tidur lebih nyenyak. Tetap jalin hubungan erat antara ibu dan anak dalam keadaan apapun terutama saat anak sedang tantrum.