Bagi masyarakat modern kini merasa sangat terbantu dengan adanya ojek online, yang bisa menembus kemacetan kota besar. Selain itu, menggunakan jasa ini terbilang mudah, hanya perlu memesan melalui aplikasi pada smartphone. Tak usah lagi repot pergi  ke pangkalan yang biasanya terletak cukup jauh dari perumahan. 

Namun, dibalik kemudahan yang ditawarkan, ada saja yang memanfaatkan hal ini untuk kepentingan pribadi. Banyak sekali tindak kriminal yang bisa saja terjadi, bukan hanya terhadap penumpang saja, pengendara pun tak luput dari kejahatan. Nah, berikut ini beberapa tips aman ketika akan menggunakan jasa ojek dari aplikasi. 

ojek online
ojek online

1. Selalu Waspada dan Teliti

Ketika memesan ojek online, sebaiknya ingat-ingat plat nomor kendaraan dan pengemudi yang tertera di aplikasi. Karena bisa saja orang lain menyerobot ojek pesanan, lalu melakukan hal yang buruk terhadap penumpangnya. Selalu waspada ketika di perjalanan, usahakan untuk menyimpan ponsel di tempat yang aman agar bisa lebih fokus ke arah yang ingin dituju. 

2. Simpan Tas Di Depan Badan

Walaupun tidak membawa barang biasa, sebaiknya selalu simpan tas di depan  agar menghindari tindak kriminal. Tak hanya sedang naik ojek saja, tapi ketika berjalan juga yang rawan penjambretan, copet, dan begal. Selain itu hindari berpakaian dan menggunakan aksesori berlebihan yang bisa menarik perhatian para penjahat. 

3. Utamakan Keselamatan 

Gunakan helm berlogo SNI untuk melindungi kepala selama berkendara, pakai dengan benar dan nyaman. Helm yang tidak terpasang dengan baik akan membahayakan, kadang pula membuat kepala sakit dan pusing. Hindari melintasi jalan yang dianggap rawan kecelakaan ataupun kejahatan. Jika terburu-buru, pastikan pengendara tetap mengambil jalan aman, bukan hanya ngebut mengejar waktu saja. 

Untuk menghemat waktu sebaiknya gunakan e-money dari ojek online yang digunakan, misalnya saja Gopay. Untuk mengisinya, Anda bisa memanfaatkan fitur di aplikasi Jenius dari Bank BTPN, yakni e-wallet center. 

Pengguna dapat melakukan top up Gopay dengan nominal yang fleksibel, mudah, cepat, dan praktis hingga 10 jenis e-wallet. Terdapat banyak fitur lainnya juga, seperti deposito, pembayaran rutin bulanan. Yang akan membantu Anda mengatur keuangan hanya dalam genggaman dan terjamin keamanannya.