Di zaman sekarang makanan dan minuman banyak yang diawetkan supaya dapat bertahan lebih lama, selain tahan lebih lama juga menghindari makanan tersebut terhindar dari jamur atau cepat basi. Namun, tidak semua bahan pengawet untuk makanan itu aman dan diperbolehkan, ada beberapa oknum nakal yang menggunakan Bahan Pengawet Makanan tidak sesuai standar bahkan menggunakan bahan pengawet yang memang bukan untuk makanan. Maka dari itu, Anda sebagai konsumen harus pintar dalam memilih makanan dan minuman kemasan yang mengandung bahan pengawet agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti gagal ginjal, kerusakan hati, ataupun gangguan kesehatan lainnya yang berakibat buruk pada kesehatan Anda.

Agar lebih tenang dan terbebas dari zat-zat berbahaya yang masuk dalam tubuh, Anda harus jeli dalam memilih produk makanan atau minuman yang mengandung bahan pengawet. Lebih baik lagi menggunakan Bahan Pengawet Makanan yang berasal dari bahan alami, seperti gula, garam, kunyit, bawang putih merupakan sebagian dari bahan untuk mengawetkan makanan secara alami.

Bahan Pengawet Makanan

Jika Anda teliti memeriksa kandungan bahan pengawet pada makanan bisa dilihat pada label kemasan atau komposisi yang digunakannya.

  • Vitamin C, sebagai bahan vitamin esensial yang memiliki potensi untuk mencegah kanker dan sering dipergunakan sebagai sumber suplemen makanan atau minuman bernutrisi, jenis Vitamin C ini sebagai bahan pengawet yang baik karena berfungsi untuk mencegah oksigen dari kerusakan.
  • Citric Acid atau Asam Sitrat, masih berdekatan dengan vitamin C yang rasanya asam, merupakan pengawet alami yang baik untuk digunakan. Kandungan pada bahan pengawet ini adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan juga jamur.
  • Sorbates, salah satu bahan pengawet terbaik yang sifatnya tidak berasa juga tidak berbau. Sehingga masuk dalam daftar bahan pengawet yang aman digunakan.
  • Sodium Benzoat dan Asam Benzoat, kedua bahan pengawet ini berasal dari bahan alami, biasanya terdapat pada cranberries, plum, buah yang telah dikeringkan, kulit manis, apel dan cengkeh.

Meskipun jenis Bahan Pengawet Makanan tersebut aman untuk digunakan, namun takaran yang digunakannya pun harus sesuai kebutuhan dan tidak melebihi batas yang ditentukan.