Salah satu fitur yang dalam menunjang kenyamanan berkendara yang sangat dibutuhkan saat ini adalah AC. Yang mana udara sedang sangat panas terik sehingga komponen ini dapat lebih berguna. Untuk itu anda perlu merawatnya dengan baik agar komponen ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Namun tetap saja, ada masalah yang sering terjadi pada AC yaitu freonnya yang habis. Jika hal ini terjadi, maka AC tidak dapat bekerja secara maksimal. Yang harus anda lakukan adalah dengan isi freon AC mobil di bengkel terdekat anda. Berikut ini ada beberapa tanda jika freonnya habis, diantaranya:

 

isi freon AC mobil
isi freon AC mobil
  • Udara yang keluar tidak segar lagi

Tanda yang pertama jika freon ac anda habis yaitu bisa dirasakan dengan udara yang dihasilkan dari sistem pendingin menjadi tidak dingin lagi. Seperti yang kita tahu bahwa freon merupakan cairan yang berfungsi memberikan kesegaran pada udara yang dihasilkan. Jika habis, maka udara yang dihasilkan menjadi tidak segar lagi.

  • Kompresor ac tidak berputar

Tanda yang kedua bisa anda perhatikan pada kompresornya. Biasanya ketika saklar dihidupkan maka kompresor akan berputar sebagaimana mestinya. Namun jika freonnya habis, maka kompresor tidak akan bekerja secara maksimal. Untuk itu kita harus selalu memperhatikan kondisi freon AC anda.

  • Kipas ac tidak berputar

Selain kompresor, ketika freon sudah habis, kipas pada ac juga tidak akan berputar. Hal inilah mengapa udara yang dikeluarkan pun tidak dingin atau segar lagi. Namun dalam hal ini anda juga harus melakukan pengecekan lebih lanjut lagi, karena bisa jadi karena faktor lain bukan hanya karena freonnya yang habis.

Itulah beberapa tanda yang ditimbulkan ketika freon ac sedang habis. Untuk itu jika salah satu ciri diatas terjadi pada mobil anda, lakukan pengecekan dan lakukan isi freon ac mobil anda di Montir.id yang bisa anda pesan secara online maupun offline. Dengan begitu anda bisa melakukannya kapan saja. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.