Perkembangan teknologi internet memberi banyak kemudahan bagi kehidupan manusia sehari hari. Salah satunya adalah membeli perhiasan berlian lewat jalur online. Ya, layaknya membeli berbagai kebutuhan seperti makanan maka mendapatkan aksesoris ini juga tak berbeda dari segi caranya.

Pertanyaannya adalah apakah aman jika membeli perhiasan berlian asli lewat jalur online?
Sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang masih meragukan jika membeli berlian lewat online. Alasannya sederhana, harga beli satu berlian meski berukuran kecil sekalipun cukup mahal.

Bukan seperti harga saat membeli baju atau tas lewat toko online. Jadi, sangat beresiko tinggi jika membeli melalui online shop meski toko tersebut sudah dipercaya. Selain itu, metode pembayaran yang biasanya menggunakan kartu kredit juga sangat riskan terjadinya penipuan.

Hanya saja, metode ini memang diakui sangat cepat dan tidak merepotkan seperti melihat deskripsi yang ditulis. Ya, biasanya toko online yang menjual berlian akan memberikan gambar dengan kualitas terbaik disertai dengan keterangan tentang jenis berlian tersebut.
Kemudian, jika pun tak menyukai model dari berlian tersebut konsumen pun dengan mudah melihat penawaran lain di toko perhiasan yang berbeda dalam hitungan menit. Jadi, tak perlu repot karena cukup klik dan klik.

Berbeda halnya dengan mereka yang ingin membeli langsung di toko perhiasan lokal. Selain membutuhkan waktu, tak sedikit loh konsumen yang merasa disepelekan hanya karena penampilannya kurang meyakinkan. Belum lagi kebingungan memilih mana perhiasan berlian asli yang bisa digunakan sebagai investasi atau dipakai.

Meski demikian, keuntungan dari membeli lewat jalur offline adalah konsumen tahu benar karakteristik berlian yang mereka beli. Bisa dilihat dengan kaca pembesar, bisa mengetahui stempel yang dilekatkan pada berlian hingga bisa menguji keaslian dengan teknik sederhana.

Atau, bertanya langsung dengan staf guna menjelaskan model apa yang kini digemari oleh banyak orang. Biasanya, cara ini juga dipakai untuk mendapatkan harga spesial saat membeli seperti di bulan November misalnya karena tak banyak terjadi penjualan berlian.

Artinya apa? Kembali kepada pilihan konsumen masing masing apakah membeli lewat jalur online dengan segala resikonya atau mengunjungi langsung toko perhiasan yang berada dekat tempat tinggal Anda. Jadi, selamat memilih perhiasan berlian asli ya.