Adwords merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google yang dapat digunakan oleh para pebisnis yang menggunakan website sebagai salah satu tempat untuk melakukan promosi. Fasilitas ini memungkinkan pebisnis untuk melakukan promosi tanpa mengeluarkan banyak uang. Akan tetapi, harus dilakukan pengaturan untuk memaksimalkan jasa Adwords yang digunakan. Pengaturan dapat dilakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa yang melayani pengelolaan adwords misalnya Partner Iklan.

Terdapat beberapa kekurangan yang sering dilakukan ketika menggunakan jasa layanan Adwords sehingga hasil yang didapatkan kurang maksimal. Kesalahan yang sering dilakukan yaitu berhubungan dengan keywords diantaranya yaitu:

  • Pengelompokan keywords yang kurang tepat. Tindakan tersebut dapat menyusahkan pengunjung Anda untuk melihat iklan yang telah Anda buat, sehingga iklan tersebut akan menjadi percuma.
  • Tidak tepatnya penggunaan keyword dengan kecocokan frasa, kecocokan umum sehingga tidak adanya peningkatan trafik pengunjung. Anda dapat meriset atau mencari keyword yang sesuai dengan menggunakan Adwords eksternal keyword tool.
  • Tidak mempergunakan keyword negatif sebagai cara untuk mengecualikan kata kunci yang tidak memiliki kecocokan dengan produk atau website Anda.

 

Kesalahan lain yang sering terjadi dalam penggunaan Adwords adalah waktu yang kurang tepat dan tidak dilakukan penentuan lokasi atau tempat untuk sasaran kampanye iklan yang dilakukan. Waktu yang kurang tepat maksudnya penjadwalan iklan yang tidak sesuai dengan waktu para pengguna internet ketika melakukan browsing. Sehingga diperlukan lokasi atau negara target secara spesifik dan melakukan pengaturan kampanye dalam penjadwalan iklan yang ada di Adwords. Misalnya di untuk sasaran di Indonesia, iklan dapat diatur pada siang hari karena hampir sebagian besar memiliki waktu senggang untuk sekedar melakukan browsing.

Tidak mengetahui LTV atau Lifetime Value juga merupakan kesalahan yang biasanya dilakukan ketika menggunakan jasa Adwords. Banyak orang yang tidak mengetahui cara menghitung LTV bagi orang yang menggunakan layanan periklanan tersebut. Sehingga diperlukan jasa yang ahli dalam Adwords seperti Partner Iklan untuk menghindari kesalahan LTV. Penghitungan dapat dilakukan dengan menggunakan KISSmetrics. Setelah menghitung, sebaiknya mengelola kampanye iklan dengan maksimal sehingga akan membantu untuk meningkatkan trafik pengunjung ke website Anda.