Penyakit tekana darah tinggi banyak dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat, meskipun ada juga yang memang ada factor keturunan. Apapun faktor penyebabnya, tentu jika sudah terkena penyakit ini yang harus dilakukan adalah mengobatinya. Nah kali ini kami ingin memberikan Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Mentimun.

tips menurunkan tekanan darah tinggi

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mentimun punya khasiat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Percaya atau tidak, alasan-alasan berikut bisa menjadi penguat pendapat tersebut di atas:

  • Rendah sodium

Kandungan sodium yang rendah pada mentimun menjadikannya berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Kandungan Kalium

Kalium adalah mineral penting yang diperlukan tubuh dalam mengontrol tekanan darah. Sekurang-kurangnya mentimun mengandung 442 mg kalium, sedangkan anjuran asupan kalium per hari adalah sekitar 4.700 mg.

  • Menjaga berat badan

Berat badan berlebih bisa menjadi faktor pendukung terjadinya tekanan darah tinggi. Konsumsi mentimun sangat efektif untuk mengurangi berat badan karena 1 buah mentimun (kurang lebih 301 g) hanya mengandung 45 kalori, sedangkan sisanya hampir 95% sisanya adalah air yang merupakan nutrisi bebas kalori yang dapat menekan nafsu makan secara alami. Selain itu hindari juga konsumsi gula berlebih, dengan cara menggantinya dengan gula rendah kalori seperti Tropicana.

Demikianlah Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Mentimun. Untuk bisa mengambil manfaat dari buah mentimun ini, anda cukup mengkonsumsi buah mentimun yang dibuat jus beserta kulitnya.