creative agency
bisnis

Mana Yang Lebih Penting? Creative Agency Atau Digital Agency?

Dalam dunia periklanan, desain adalah nyawa dimana hal ini menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan marketing. Ini termasuk juga pada logo yang kuat dan bermakna, warna yang sesuai dengan konsep, headline dan lain sebagainya. Di tengah persaingan agensi yang ketat, desain menjadi senjata utama untuk memenangkan hati klien. Maka tidak heran karena persaingan ini, creative agency juga tumbuh cepat. 

Sering kali agensi kreatif ini diabaikan oleh rekanannya dalam hal ini digital agensi. Naiknya pamor dunia periklanan membuat agensi digital diburu oleh banyak klien. Akhirnya, hal ini menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat dalam hal agensi apa yang harus dipilih. Karena itu, di artikel ini Kami akan membahas perbedaan digital agency dan agensi kreatif. 

Apa Itu Creative Agency?

Agensi kreatif adalah sebuah agensi yang lebih fokus pada desain dan sering kali menggandeng partner dari luar seperti konsultan iklan untuk mengeksekusi proyek mereka. Disamping itu, agensi kreatif yang bagus adalah mereka yang ahli dalam hal branding, marketing dan desain produk yang mana secara visual harus menarik, menggoda dan persuasif. 

Di samping itu, agensi kreatif ini juga dikenal sebagai lembaga yang ahli dalam bidang pembuatan logo, business cards, letterheads dan hal-hal yang berkaitan dengan branding. 

creative agency
creative agency

Apa Keuntungan Agensi Kreatif?

Meskipun agensi kreatif ini kerap dinomorduakan, tapi dalam hal desain mereka tetap mendominasi. Perusahaan agensi kreatif lebih fokus pada desain untuk sebuah brand tapi masih memikirkan campaign. Pembuatan konten secara visual adalah prioritas utama dalam hal ini. 

Lalu Apa Itu Digital Agency?

Menurut Upanup, digital agensi diartikan sebagai perusahaan yang menggunakan kreativitas, pengembangan teknis dan strategis untuk produk dan servis berbasis screen. Sebuah digital agency bisa menawarkan klien berbagai produk atau jasa misalnya online advertising, search engine marketing, e-commerce consulting hingga web design and development

Seberapa Pentingkah Digital Agency Itu?

Digital agency sangat membantu Anda dalam hal pemasaran. Era digital terus berkembang terutama media sosial. Jadi pengaruh digital marketing dalam hal keterjangkauan produk Anda menjadi besar. 

Awal mula dimana sosial media hanya digunakan untuk bertemu dengan teman-teman secara online, kini telah berubah menjadi sebuah data yang bisa Anda olah menjadi ladang bisnis. Meski demikian, tetap saja Anda membutuhkan strategi dan rencana yang matang agar aktivitas pemasaran Anda menggunakan digital agensi ini sukses. Dari sinilah, digital agency berfungsi pada tempatnya yaitu menemukan relevansi yang signifikan. 

Yang pasti digital agency ini cocok untuk semua lini bisnis, bisa membantu mengembangkan bisnis, dan bisa dikerjakan oleh yang profesional. 

Digital agency memiliki banyak sekali manfaat, beberapa diantaranya adalah:

  • Meningkatkan penjualan – Digital agency membantu meningkatkan penjualan produk Anda secara online. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa mencapai target penjualan hanya dalam waktu yang singkat saja. 
  • Jangkauan pasar lebih luas – beda dengan iklan konvensional. Dengan menggunakan jasa digital agency, mereka akan membantu Anda menjangkau pasar dari berbagai macam daerah. Bahkan Anda bisa menentukan target konsumen Anda dengan beberapa perencanaan yang tepat.

Lalu Mana Yang Lebih Baik?

Digital agency dan agensi kreatif adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Meskipun nyatanya digital agency mampu membantu Anda menghasilkan lebih banyak progress, tapi desain tetaplah menjadi hal paling penting sebagai image atau wajah produk Anda.

Ideoworks.id membantu Anda membuat strategic planning untuk meningkatkan komunikasi Anda dengan audiens. Selain itu, perusahaan ini juga bisa membantu Anda membuat perencanaan campaign yang efektif dan efisien sehingga pesannya tersampaikan pada calon pembeli. Konsultasi sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.