Seserahan pernikahan merupakan barang-barang yang menjadi simbol kesiapan pengantin pria untuk membiayai semua kebutuhan pengantin wanita saat menikah nanti. Jadi barang-barang yang ada dalam seserahan pernikahan lengkap mewah memiliki makna masing-masing. Anda mungkin penasaran apa makna setiap isi seserahan pernikahan tersebut. Langsung saja, berikut adalah pembahasannya:

Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah untuk muslimah biasanya terdiri dari mukena, tasbih, sajadah, dan juga Al Quran. Sedangkan untuk agama selain Islam juga barang-barang yang berhubungan dengan ibadah. Makna dari pemberian seserahan ini yaitu sebagai pengingat untuk selalu beribadah.

Set Pakaian

Set pakaian wanita yang masuk ke dalam seserahan mewah ada beberapa macam. Beberapa di antaranya seperti kebaya, kemeja, atau dress. Pakaian digunakan untuk menutupi tubuh, jadi maknanya yaitu agar semua rahasia yang ada di dalam rumah tangga terjaga dan tersimpan.

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi terdiri dari shampoo, sabun cuci muka, sabun mandi, handuk, sisir, dan lain sebagainya. Sebagai aktivitas harian, tentu perlengkapan mandi sangat dibutuhkan oleh para wanita. Makananya sendiri yaitu menjaga pengantin wanita selalu tetap bersih.

Sepatu atau Alas Kaki

Sepatu dan alas kaki biasanya juga masuk ke dalam seserahan pernikahan. Meskipun biasanya juga dimasukkan dalam seserahan lamaran. Maknanya yaitu bahwa kedua mempelai telah siap untuk masuk dan menjalani mahligai rumah tangga bersama-sama.

Set Make Up

Set make up biasanya sudah bisa dibeli satu paket langsung. Jadi Anda tidak perlu kebingungan untuk memilih barang satu per satu. Pada umumnya satu set make up terdiri dari bedak, foundation, lipstick, blush-on, dan eye shadows. Maknanya agar wanita bisa selalu tampil cantik dan menawan.

seserahan pernikahan lengkap mewah

Skincare

Makna pemberian skincare sebenarnya sama saja dengan makna pemberian make up. Bukan hanya skincare untuk wajah saja, namun calon pengantin pria juga harus memenuhi kebutuhan perawatan tubuh atau body care.

Makanan dan Kue

Makanan dan kue yang dibawa dalam seserahan pernikahan biasanya terbuat dari ketan yang lengket. Maknanya yaitu agar calon pengantin pria dan wanita selalu lengket seperti bahan dasar makanan dan kue tersebut.

Barang Elektronik

Di era modern seperti sekarang ini, barang elektronik sering dijadikan sebagai seserahan pernikahan. Adapun barang elektronik ini yaitu laptop, kamera, dan handphone. Sebenarnya tidak ada makna khusus namun barang elektronik bisa digunakan oleh wanita yang bekerja.

Tas

Tas biasanya digabungkan dengan sepatu atau alas kaki. Namun ada juga yang menyiapkan tas sendiri. Pada seserahan mewah, Anda bisa memilih tas branded sesuai dengan impian pasangan. Maknanya yaitu sebagai perlambangan bahwa pengantin pria siap memenuhi kebutuhan wanita, terutama dari segi finansial atau uang.

Set Perhiasan

Set perhiasan adalah barang wajib yang harus ada pada seserahan mewah. Perhiasan ini terdiri dari kalung, anting, gelang, dan cincin. Maknanya yaitu agar pengantin wanita bersinar seindah perhiasan dan berlian-berlian .

Buah-buahan

Buah-buahan adalah isi seserahan lengkap yang terakhir. Biasanya buah yang dipilih disesuaikan dengan selera pengantin wanita dan memiliki penampilan yang tidak terlalu merepotkan. Contohnya yaitu jeruk, pir, apel, dan lain sebagainya. Maknanya yaitu agar kehidupan pasangan pengantin memberikan banyak rezeki bagi orang-orang sekitar.

Itulah isi dari seserahan pernikahan lengkap mewah beserta dengan maknanya masing-masing. Bagi Anda yang ingin memberikan set perhiasan, Mondial Jeweler menyediakan nya. Brand di bawah naungan PT Central Mega Kencana tersebut menyediakan banyak koleksi perhiasan. Anda bisa memilih sesuai dengan seleran dan budget. Selain datang langsung ke toko fisik, Anda bisa melihat koleksi Mondial Jeweler di www.mondialjeweler.com.