Menyapih, atau mengenalkan bayi Anda pada makanan padat pertamanya, bisa menyenangkan dan menegangkan. Bayi mungkin tidak menelan banyak makanan pada awalnya, tetapi mereka secara bertahap akan belajar cara makan lebih banyak dari sendok atau dengan jari-jari mereka, dan menikmati rasa dan tekstur baru.

Berikut adalah panduan singkat menyapih kami dengan bubur tim bayi 6 bulan untuk mengetahui cara mulai menyapih secara tepat.

Kapan Harus Menyapih Bayi Anda?

Memulai makanan padat adalah tonggak penting bagi bayi Anda, karena ada banyak hal yang perlu mereka pelajari. Jadi, penting untuk membiarkan bayi Anda menunggu sampai mereka menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka siap untuk disapih.

Menyusui dianjurkan sejak lahir dan seterusnya, dan ketika bayi Anda mencapai usia sekitar 6 bulan, para ahli merekomendasikan penyapihan harus dimulai bersamaan dengan susu biasa bayi Anda.

bubur tim bayi 6 bulan
bubur tim bayi 6 bulan

Menunggu sampai sekitar 6 bulan untuk memperkenalkan makanan padat seperti bubur tim bayi 6 bulan dari Cerelac ke dalam menu makan bayi Anda harus membantu untuk memastikan bahwa mereka siap untuk mencoba rasa dan tekstur baru.

Beberapa orang tua mempertimbangkan untuk menyapih sebelum enam bulan karena bayi mereka tampak siap, atau mulai lebih sering terbangun di malam hari.

Namun, perubahan ini mungkin karena alasan lain. Jika bayi Anda menunjukkan tanda-tanda kesiapan sebelum mereka berusia 6 bulan, tambahan susu biasa bayi Anda harus cukup dan nafsu makan mereka harus kembali normal cukup cepat.

Jika Anda masih ragu kapan harus mulai menyapih, atau jika bayi Anda lahir prematur, mintalah nasehat dari ahli kesehatan keluarga Anda tentang kapan mulai memperkenalkan makanan padat.

Inilah Saatnya Memulai

Pertama-tama, menyapih lebih tentang memperkenalkan ide makan atau makanan untuk si kecil. Adalah normal bagi bayi untuk mendorong makanan keluar dengan lidahnya pada awalnya karena mereka belum terbiasa dengan sensasi dan rasa sesuatu selain susu biasanya. Dengan latihan, mereka akan segera terbiasa menyimpan makanan di mulut dan menelannya.

Saat bayi Anda mulai terbiasa makan bubur tim bayi 6 bulan dari Cerelac, tetap lakukan rutinitas menyusui seperti biasa. Dan ingatlah bahwa susu sapi murni tidak cocok sebagai minuman untuk mereka sampai bayi Anda berusia satu tahun.