Salah satu kebahagiaan bagi setiap parents adalah melihat buah hatinya tumbuh dengan baik dan sehat. Sehat tersebut dalam artian tidak hanya sebatas fisik semata akan tetapi kesehatan psikis anak-anak. Kondisi jasmani dan rohani yang sehat bisa menunjang segala macam kegiatan dan aktivitas buah hati kita tanpa adanya hambatan sama sekali sehingga mereka bisa tumbuh sesuai dengan harapan orang tuanya. Oleh karena itu pada khususnya perlu mengetahui setiap perkembangan anak dan ciri-ciri dari anak yang tumbuh dengan sehat.

Tanda perkembangan anak yang tumbuh dengan baik dan sehat adalah memiliki nafsu makan yang baik apabila kita memiliki anak yang antusias dan lahap saat jam makan terlebih lagi tidak pilih-pilih terhadap makanan yang disajikan oleh mams maka bisa dipastikan bahwa buah hati kita tumbuh dengan baik dan sehat. Ketika masih bayi salah satu ciri buah hati kita memiliki nafsu makan yang baik adalah keinginan untuk menghisap dan sering menyusu.

Ciri selanjutnya adalah memiliki pertumbuhan yang baik jadi dengan kata lain anak yang tumbuh dengan sehat memiliki berat badan dan tinggi badan yang proporsional sesuai dengan usianya selain itu hal tersebut juga menjadi ciri-ciri bahwa mereka tidak terserang penyakit berbahaya.

perkembangan anak
perkembangan anak

Ciri-ciri perkembangan anak yang tumbuh dengan baik dan sehat yang wajib diketahui selanjutnya adalah memiliki perkembangan sesuai dengan usianya. Setelah mempelajari dan memperhatikan perkembangan kemampuan sensorik motorik hingga kognitif contohnya kapan buah hati kita merangkak, duduk hingga berjalan atau mulai bergumam saat belajar berbicara.

Apabila semua itu bisa dilewati sesuai dengan usianya maka buah hati kita tumbuh dengan baik dan sehat. Anak yang terlihat lincah, aktif dan ceria menjadi ciri lain dari anak yang tumbuh sehat. Seorang anak yang mengalami masalah kesehatan biasanya cenderung pasif, jarang berekspresi sehingga selalu rewel.

Tanda selanjutnya adalah mata terlihat berbinar dan bersih. Saat diajak berinteraksi oleh orang tuanya seorang anak yang sehat akan memberikan kontak mata yang responsif dan merespon semua perkataan orang tuanya. Hal tersebut di juga ditandai dengan kesehatan organ mata yang terlihat bersih dan berbinar.