Deposito adalah produk perbankan yang hadir di setiap bank. Produk ini juga bisa dikatakan mirip dengan tabungan. Namun, bedanya deposito dan tabungan bisa dilihat dari keuntungan yang didapatkan oleh nasabah. Nah, untuk yang ingin tahu lebih jelas tentang apa itu deposito, di sini akan kami coba membahasnya secara detail.

Mengenal Deposito Lebih Dekat

Produk ini dikenal juga dengan sebutan tabungan berjangka. Karena, nasabah yang memilih produk ini, harus memilih jangka waktu tabungan sesuai dengan keinginannya. Jangkanya pun tergolong cukup beragam, mulai dari 1 hingga 36 bulan.

apa itu deposito
apa itu deposito

Nah, bedanya dengan tabungan, uang yang disimpan pada produk ini, tidak bisa diambil kapan saja. Jadi harus menunggu jangka waktunya terlebih dahulu. Jika sampai Anda mengambil sebelum jangka waktu yang telah ditentukan, maka akan diberlakukan penalti.

Jika kita lihat secara mendalam, deposito ini merupakan sebuah produk investasi. Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap bulannya sampai akhir jangka waktu nanti.

Ciri Khas Deposito yang Harus Dikenali

Jika masih belum mengerti konsepnya, berikut ini akan kami coba jelaskan ciri-cirinya kepada Anda:

1.  Memiliki Minimal Setoran

Deposito merupakan tabungan yang mensyaratkan minimal setoran tertentu. Contohnya, minimal setoran di suatu bank untuk produk deposito minimal adalah Rp500.000, maka Anda harus menyiapkan dana sebesar tersebut untuk membukanya.

2.  Memiliki Jangka Waktu Simpanan

Ciri ini menjadi pembeda antara deposito dengan tabungan biasa. Tabungan biasa bisa Anda simpan dan ambil kapan saja. Sedangkan deposito, pengambilan tabungan tidak bisa dilakukan kapan saja karena berjangka.

Contohnya Anda membuka deposito dengan jangka waktu 12 bulan. Maka selama waktu itu Anda tidak bisa mengambil dana yang disimpan. Jika Anda memaksa mengambilnya, maka akan diberlakukan penalti.

3.  Pencairan Dana

Karena memiliki jangka waktu, maka pencairan pun diproses setelah jangka waktunya selesai. Jika sudah selesai, maka Anda bisa memproses pencairannya. Jika tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka akan mendapatkan sejumlah denda penalti yang nantinya harus Anda bayarkan.

4.  Bunga Kompetitif

Bunga merupakan salah satu keunggulan dari deposito. Dengan adanya bunga yang tinggi, nasabah bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis tabungan biasa.

Namun, Anda harus memperhatikan jumlah bunga yang ditawarkan oleh bank yang dipilih. Pasalnya, jumlah bunganya berbeda-beda untuk setiap banknya, dan juga berbeda tergantung jangka waktunya.

5.  Investasi Dengan Risiko Rendah

Bagi Anda yang sedang mencari produk investasi dengan risiko yang rendah, maka Deposito bisa menjadi salah satu jawabannya. Pasalnya, deposito adalah jenis investasi yang tidak memerlukan pengetahuan tentang saham, analisa pasar saham, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Deposito Bunga Kompetitif

Anda sedang mencari produk deposito dengan suku bunga kompetitif? Di Bank Sinarmas Anda bisa mendapatkannya. Karena, Bank Sinarmas menawarkan produk deposito terbaik untuk para nasabahnya.

Di Bank Sinarmas Anda bisa mendapatkan suku bunga kompetitif. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan pun akan jauh lebih tinggi. Bahkan, ada banyak pilihan jangka waktu yang bisa Anda tentukan sendiri.

Anda juga bisa membuka deposito di Bank Sinarmas melalui sebuah aplikasi m banking yaitu SimobiPlus. Aplikasi ini bisa membuat Anda mudah dan nyaman saat mendaftar deposito secara online yang mudah dan juga cepat.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri dan pengertian apa itu deposito. Semua sudah kami bahas di atas sebagai informasi bagi Anda yang ingin tahu tentang produk tersebut. Bagaimana, tertarik untuk memilikinya? Bank Sinarmas bisa menjadi tempat yang cocok untuk membuka deposito secara online.