Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada si Kecil berjalan sangat cepat. Tidak terasa mereka sudah memasuki usia pra sekolah dan itu artinya mereka sebentar lagi akan sekolah. Usia anak pra sekolah yaitu antara umur 3 hingga 6 tahun. Masa tersebut masih menjadi masa yang menyenangkan bagi mereka. Meskipun begitu, Bunda tetap perlu menyiapkan si Kecil untuk memasuki usia sekolah. 

Jadi mereka nanti bisa belajar secara maksimal dan tidak ketinggalan dengan anak lainnya. Setidaknya ada 4 hal yang harus Bunda siapkan saat si Kecil memasuki usia pra sekolah. Berikut ini pembahasan selengkapnya: 

Usia anak pra sekolah
Usia anak pra sekolah

Berikan Stimulasi untuk Tumbuh Kembangnya

Lingkungan termasuk pola asuh merupakan sumber daya signifikan untuk perkembangan si Kecil. Bunda sebagai orang tua yang menjadi kunci tumbuh kembang mereka. Dalam usia pra sekolah, Bunda perlu memberikan stimulasi untuk membantu kesiapan si Kecil di usia sekolah. Biasanya stimulasi hadir dalam bentuk aktivitas menyenangkan dan permainan.

Latih Kemandirian

Usia anak pra sekolah merupakan waktu yang tepat untuk melatih kemandirian. Mereka harus mulai belajar bagaimana cara merawat diri sendiri mulai dari mandi sendiri, makan sendiri, mengancingkan baju, memakai sepatu, dan lain-lain. Latih kemandirian dengan cara memberikan tugas sederhana dan tidak selalu membantu si Kecil.

Kembangkan Kemampuan Sosialisasi

Kemampuan sosialisasi penting untuk menghadapi usia sekolah. Si Kecil harus berani untuk memulai berbicara dengan orang lain. Ajarkan si Kecil bermain bersama teman sebaya agar tahu bagaimana cara bergaul.

Selalu Jaga Kesehatan Si Kecil

Si Kecil yang sudah mulai mandiri dan senang bereksplorasi tetap rentan terhadap penyakit. Bunda perlu membantu menjaga kebersihannya agar mereka selalu sehat. Ajarkan juga bagaimana cara menjaga kebersihannya sendiri, misalnya seperti makan di jam yang tepat, tidak pilih-pilih makanan, dan lain sebagainya.

Itulah 4 tips untuk menyiapkan anak di usia pra sekolah. Selain beberapa tips di atas, usia anak pra sekolah juga membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Berikan gizi lengkap melalui makanan sehat dan susu pertumbuhan.

Dancow GUM hadir untuk si Kecil di usia pra sekolah. Dancow 3+ Nutritods untuk usia 3-5 tahun dan Dancow 5+ Nutritods untuk usia 5-12 tahun. Ayo dapatkan kebaikan susu Dancow GUM tersebut sekarang juga.