Dalam masa tumbuh kembang si Kecil ada banyak hal yang perlu Bunda perhatikan, salah satunya yaitu perkembangan kemampuan bahasa. Menginjak tahun pertama usianya, pada umumnya si Kecil akan mulai cerewet dan suka berkata-kata meskipun masih kurang jelas. Ini waktu yang tepat untuk belajar merangkai kata agar bisa menjadi kalimat yang utuh.

Bunda bisa membantu mengembangkan keterampilan berbahasa di usia 12-18 bulan dengan memberikan stimulasi. Berikut ini adalah beberapa stimulasi yang bisa Bunda berikan:

Dancow Parenting Reward
Dancow Parenting Reward

Sering Ajak Berbicara dan Berkomunikasi

Komunikasi menjadi salah satu stimulasi yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa si Kecil. Melalui komunikasi, si Kecil bisa melatih berbicara serta memahami arti kosakata yang diucapkannya. Kenalkan mereka pada benda-benda yang ada di sekitar, misalnya mainannya, benda yang ada di taman, dan lain sebagainya.

Membacakan Buku Cerita

Selain mengajak berkomunikasi, Bunda juga bisa memberikan stimulasi dengan membacakan buku cerita. Pada umumnya anak yang berusia 18 bulan hingga 24 bulan sangat suka mendengarkan cerita. Selain mengasah kemampuan imajinasi dan atensi, membacakan cerita juga membantu mengasah kemampuan berbahasanya karena banyak kosakata baru yang bisa dipelajari. Dapatkan juga buku dongeng menarik melalui Dancow Parenting Reward dengan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Bernyanyi

Tips mengembangkan kemampuan bahasa si Kecil yang terakhir adalah dengan mengajaknya bernyanyi. Hal ini juga bisa sekaligus mendekatkan diri antara Bunda dan si Kecil karena berlatih bersosialisasi dengan orang terdekat. Carikanlah lagu dengan kalimat ringan yang mudah diucapkan sehingga si Kecil tidak merasa kesulitan. Menambahkan gerakan saat bernyanyi juga bisa membantu si Kecil untuk lebih paham mengenai kata yang didengarkan.

Itulah berbagai tips mengembangkan kemampuan bahasa si Kecil yang bisa Bunda terapkan. Selain memberikan stimulasi, Bunda juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan makanan dan susu pertumbuhan. Untuk anak usia 1-3 tahun, tersedia Dancow Nutritods 1+ yang mengandung nutrisi baik untuk mereka. Temukan juga kode unik di kemasan agar Bunda bisa mendapatkan hadiah dari Dancow Parenting Reward. Informasi lebih lengkap mengenai program tersebut bisa Anda lihat di website parentingrewards.dancow.co.id.