Pada dasarnya desain komunikasi visual akan mempelajari berbagai topik yang berkaitan dengan komunikasi dan memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan pesan untuk para klien atau pelanggan, di mana pesan-pesan ini akan disajikan dalam bentuk visual.  Desain komunikasi visual ini akan berfokus pada aktivitas komunikasi dalam bentuk visual dan verbal, khususnya kepada para klien atau pelanggan. Dalam kuliah di Universitas Jurusan DKV IDS yang satu ini, kamu akan mempelajari banyak materi yang cukup menarik, antara lain: animasi, ilustrasi, fotografi, desain  grafis, termasuk modifikasi atau airbrushing yang biasanya dibutuhkan untuk menonjolkan poin tertentu di dalam sebuah objek foto. Berbagai keahlian ini akan membuat para mahasiswa bisa menikmati sesi kuliah yang cukup menarik. 

kuliah di Universitas Jurusan DKV IDS yang satu ini juga memiliki peluang karir yang sangat menjanjikan dalam dunia industri komunikasi itu sendiri, seperti: animator profesional, desain website, fotografer profesional, ilustrator, iklan, desain grafis, dan yang lainnya.  Di dalam praktiknya, seorang desainer visual akan memiliki tanggung jawab dan peran yang penting untuk mendefinisikan berbagai hal yang dapat menjadi daya tarik dan gaya sebuah merek dan bukan hanya sekedar untuk menghidupkan merek bisnis itu sendiri.  Seorang desainer visual akan bekerja untuk menghasilkan desain yang unik dan indah, serta menjelaskan tentang konsep dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan desain tersebut. 

Universitas Jurusan DKV

Menjadi Konsultan Branding

Bidang ini memberikan jasa konsultasi dibidang pemasaran, yaitu tentang bagaimana merancang produk, menentukan harga, memilih wilayah distribusi, membuat strategi promosi untuk menghadapi dan memenangkan persaingan. Sebagai konsultan branding, beberapa tugas yang dikerjakan diantaranya adalah riset pasar, mengolah data, kemudian membuat berbagai strategi untuk membangun persepsi konsumen tentang produk, menciptakan tren usaha, dan meningkatkan nilai produk. Untuk bisa menjadi konsultan branding, lulusan kuliah di Universitas Jurusan DKV IDS dituntut untuk lebih banyak dan mendalami ilmu dan strategi pemasaran.

Menjadi Fotografer

Hampir semua perusahaan saat ini membutuhkan karya-karya fotografi, mulai dari yang sekedar untuk dokumentasi maupun untuk membuat media promosi. Merintis usaha jasa fotografi juga bisa dilakukan, dari usaha ini kamu bisa melayani pemotretan dokumentasi acara, membuat prewedding, foto produk, foto model, ataupun membuat karya foto yang bisa dijual secara online. Menjadi fotografer lepas, bekerja sebagai jurnalis, bekerja di perusahaan, atau mendirikan studio foto, bisa menjadi pilihan lulusan DKV. Peluang bekerja sebagai fotografer hingga saat ini semakin terbuka lebar.

Menjadi Production House

Bagi kamu yang suka dengan audio visual, lulusan kuliah di Universitas Jurusan DKV IDS juga memiliki peluang untuk dapat bekerja di rumah produksi (Production House) yang menangani pembuatan acara televisi, iklan komersial, maupun produksi film. Dengan bekal kemampuan dan kepekaan artistik yang telah dipelajari saat kuliah, kamu bisa bekerja di posisi sebagai pembuat storyboard, membuat animasi, penata kamera, fotografer, desainer, dan tim pemasaran.

Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Tak hanya menjadi karyawan perusahaan swasta maupun jadi pengusaha, lulusan DKV juga memiliki peluang cukup besar untuk menjadi abdi negara sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Banyak institusi pemerintah yang saat ini telah membuka pendaftaran CPNS lulusan DKV untuk ditempatkan di berbagai posisi strategis. Tugas dari lulusan DKV yang jadi PNS diantaranya adalah menjadi tim promosi dari berbagai program pemerintah, menjadi guru di sekolah negeri, maupun menjadi dosen di Perguruan Tinggi Negeri.

Menjadi Tim Pemasaran di Perusahaan

Tak semua perusahaan membuat iklan produknya menggunakan jasa periklanan. Bagi banyak perusahaan, untuk mengurangi biaya promosi mereka membuat tim pemasaran yang didalamnya terdapat desainer grafis yang membuat iklan-iklan yang dicetak maupun yang tayang di media elektronik. Pekerjaan yang bisa dilakukan di tim ini sebenarnya hampir sama dengan pekerjaan yang dilakukan di perusahaan periklanan. Lulusan kuliah di Universitas Jurusan DKV IDS bisa menangani pekerjaan sebagai CopyWriter, Visualizer, Media Planner, Media Buyer maupun bagian produksi.