Perfilman merupakan salah satu industri yang berkembang dengan pesat seiring perkembangan teknologi. Banyak platform-platform digital yang membantu para pelaku dunia perfilman untuk lebih mudah dalam memasarkan karyanya.

Meningkatnya kemajuan dunia perfilman membuat banyak orang mulai bermimpi untuk bekerja di bidang ini. Hal tersebut juga berdampak pada semakin banyaknya tempat kursus film yang tersedia. 

Anda yang ingin bekerja di bidang perfilman bisa menimba ilmu terlebih dahulu, sebelum nantinya terjun ke dunia profesional. Ada banyak keuntungan ikut kursus sebelum bekerja sebagai profesional, berikut di antaranya:

Belajar Kerja Sama Tim

Produksi film melibatkan banyak orang dengan keahlian yang berbeda-beda. Beberapa pekerjaan yang harus dilakukan dalam pembuatan film yaitu mencari lokasi syuting, proses syuting, hingga pasca produksi. Anda tidak mungkin bisa mengerjakan semuanya sendirian sehingga membutuhkan sebuah tim. Saat mengikuti kursus, Anda akan belajar bagaimana kerja sama tim yang baik. Tim biasanya dibagi menjadi tim set, videografi, kostum, pencahayaan, dan properti.

Meningkatkan Kreativitas

Saat kursus film Anda akan bertemu dengan banyak orang di lingkungan yang mendukung. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk meningkatkan atau memacu kreativitas diri. Anda bisa mendapatkan banyak masukan dari mentor ataupun inspirasi dari berbagai sumber. Kreativitas sangat penting untuk membuat sebuah film yang orisinal.

kursus film
kursus film

Mendapatkan Fasilitas Belajar Lengkap

Ada banyak peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan film seperti kamera, komputer untuk editing, pencahayaan, hingga studio produksi. Semua peralatan tersebut bisa didapatkan sebagai fasilitas dari sekolah kursus yang dipilih. Memang Anda hanya meminjamnya saja namun bisa dijadikan sarana untuk belajar perfilman dengan lebih baik. Bukan hanya peralatan film saja, sekolah film biasanya juga menghadirkan buku-buku seputar perfilman.

Mencari Portofolio untuk Melamar Pekerjaan

Anda membutuhkan portofolio agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Saat kursus, Anda akan belajar membuat film sendiri sehingga bisa dijadikan portofolio setelah lulus. Di samping itu, Anda juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan melamar pekerjaan.

Bisa Ditempuh dalam Waktu Singkat

Sesuai namanya, kursus ditempuh dengan waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan kuliah D3 atau S1. Biasanya kursus hanya ditempuh dalam beberapa kali pertemuan saja. Meskipun begitu, semua materi yang dibutuhkan untuk dunia kerja tetap bisa didapatkan. Pasalnya kurikulum yang ditawarkan padat dan berkualitas.

Belajar Sambil Berkarya

Kursus memiliki waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan dengan kuliah. Oleh sebab itu, Anda nantinya akan lebih fokus kepada praktek dibandingkan dengan teori-teori. Hal ini malah akan lebih menguntungkan Anda karena bisa belajar secara langsung. Praktek tersebut biasanya diberikan dalam bentuk tugas. Jadi Anda bisa belajar sekaligus berkarya sehingga menguntungkan setelah lulus.

Biaya Lebih Terjangkau

Kursus memang menjadi pilihan paling tepat untuk Anda yang tidak bisa melanjutkan kuliah namun ingin bekerja secara profesional di dunia perfilman. Biaya kursus jauh lebih terjangkau karena masa studi yang lebih singkat. Anda bahkan bisa mengambil kursus sambil bekerja untuk mencari biaya.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila mengikuti kursus film sebelum bekerja sebagai profesional di bidang perfilman. Salah satu sekolah film yang menawarkan program kursus singkat adalah International Design School atau IDS.

Ada dua jurusan yang ditawarkan untuk Anda pilih yaitu Video Production dan Video Editing. Setiap jurusan terdiri dari kurang lebih 10 hari pertemuan dengan materi yang berbeda. Selengkapnya mengenai kursus singkat film di IDS bisa dilihat di idseducation.com.