Berlian selalu identik dengan bentuk potongan cantik, dan berkilau. Untuk mengetahui kualitasnya, Anda bisa melihat berdasarkan faktor potongan berlian, tingkat kejernihan, berat karat dan warna. Namun bagaimana dengan berlian mentah yang tidak memiliki potongan cantik dan tak berkilau? Apakah keempat faktor tersebut berlaku pada berlian mentah? Berikut adalah penjelasan giwang berlian asli, Berlian mentah adalah batu berlian yang belum dipotong dan diasah oleh ahli berlian.

Batu berlian mentah ini sering disebut sebagai batu intan. Biasanya, setelah ditambang, berlian mentah yang berkualitas cukup tinggi dan hendak dijadikan perhiasan, dikirim untuk dipotong dan diasah oleh ahli perhiasan. Sedangkan berlian mentah berkualitas rendah lebih sering digunakan dalam industri karena sifat fisik mereka. Mengapa berlian perlu dipotong dan diasah?

Alasan giwang berlian asli perlu dipotong tak hanya sekedar untuk membuatnya terlihat lebih cantik dan rapi. Berlian dipotong untuk membuatnya memiliki bentuk yang proporsional sehingga ia bisa lebih maksimal dalam memantulkan cahaya. Hasilnya, berlian yang dipotong terlihat lebih cemerlang dibanding berlian mentah atau batu intan.

Selain dipotong, berlian juga butuh untuk dipoles untuk membuatnya terlihat lebih berkilau. Berlian yang memiliki permukaan kasar, cenderung memiliki cahaya yang lebih terang, namun sayangnya ia memiliki penampilan yang kurang cemerlang sehingga tak maksimal dalam memancarkan kilaunya.

Bagaimana berlian dipotong? Umumnya, saat melihat berlian mentah, para ahli potong berlian akan berpikir untuk memotong dan memoles berlian mentah tersebut untuk membuat kualitas dan tentu saja nilai jualnya menjadi lebih tinggi. Seperti yang sudah Anda ketahui, kualitas berlian ini ditentukan oleh 4 hal yaitu: tingkat kejernihan (clarity), warna berlian (color), potongan berlian (cut), dan besaran karat berlian (carat). 

Dengan adanya faktor-faktor tersebut, ketika diberi bongkahan berlian mentah, ahli potong berlian akan mencoba untuk memotong satu atau lebih batu berlian yang menghasilkan tingkat kejernihan tinggi, memiliki proporsi ideal dan berukuran sebesar mungkin.

Namun untuk mewujudkan giwang berlian asli kualitas terbaik yang memenuhi faktor-faktor tersebut, terkadang cukup sulit dilakukan. Itulah sebabnya, para ahli potong berlian terpaksa mengorbankan salah satu faktor tersebut demi menghasilkan kualitas yang lebih baik.