Asuransi Simasnet

Perbedaan Antara Asuransi Kesehatan Dan Asuransi Kecelakaan

Menurut sejarahnya, asuransi sudah ada sejak jaman dulu kala di Babilonia sekitar pada tahun 3000-4000 sebelum masehi. Begitu juga dengan asuransi yang memiliki dasar syariat islam yang sudah ada pada zaman Kenabian Nabi Muhammad. Asuransi yang saat ini berkembang di Indonesia memiliki 2 konsep dasar yang berbeda, yang pertama menggunakan sistem konvensional dimana kedua pihak atau lebih menandatangani perjanjian dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan pembayaran premi seperti asuransi mobil terbaik untuk pengalihan resiko kerugian yang dialami oleh pihak tertanggung. Berbeda dengan konsep dasar syariah dimana dalam sistemnya asuransi syariah ini memakai sistem saling membantu.

Konsep asuransi konvensional merupakan konsep dasar yang dipakai oleh perusahaan asuransi di dunia khususnya di Indonesia. perusahaan asuransi saat ini banyak menawarkan produk dan jenis asuransi yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda, seperti asuransi mobil terbaik, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi properti, asuransi jiwa dan lain-lain. Namun yang akan saya bahas saat ini adalah asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan. Banyak orang yang terkadang tertukar dengan kedua asuransi ini, ada yang bahkan mengira jika asuransi kesehatannya dapat juga dipakai untuk kecelakaan. Padahal asuransi kesehatan hanya untuk digunakan ketika seorang pembeli polis tersbut terkena sebuah penyakit.

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang dapat mengalihkan pertanggungan kerugian yang diakibatkan oleh penyakit kepada pihak penanggung. Kerugian yang ditanggung pastinya berupa bentuk finansial. Produk yang biasanya paling populer dalam asuransi kesehatan tersebut adalah jenis produk asuransi kesehatan out patient treatment (pasien rawat jalan) dan in Patient treatment (pasien rawat inap). Kegunaannya jelas untuk orang yang sedang dalam perawatan atau terkena penyakit tertentu.

Sedangkan untuk asuransi kecelakaan adalah jenis asuransi yang memberikan santunan kepada seorang yang mengalami kecelakaan seperti luka ringan, luka berat, bahkan sampai menyebabkan kematian. Keduanya memang sama berurusan dengan rumah sakit yang terkait tapi jelas berbeda dalam konsep dan tujuannya.