Cyber security merupakan salah satu program studi yang termasuk bidang teknologi informasi. Program studi ini lebih fokus pada teknik pengamanan dan proteksi yang ada di dunia maya. Mahasiswa program studi ini memiliki keahlian dalam merancang sistem sekuriti, teknik pertahanan dari kejahatan dunia maya, pengujian sistem, hingga melakukan peretasan dengan etika atau sesuai hukum.

Karena kejahatan dunia maya yang sangat meresahkan, lulusan cyber security memiliki peluang kerja yang cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan cyber security Indonesia:

cyber security indonesia
cyber security indonesia

(source:https://suneducationgroup.com/wp-content/uploads/2019/12/cyber-security-3.jpg)

Security Engineer

Peluang karir pertama yang bisa dimasuki oleh lulusan cyber security adalah security engineer. Karir ini bisa dibilang sebagai karyawan tingkat tengah yang memiliki tugas untuk membangun dan juga memelihara sistem keamanan milik perusahaan. Cakupan kerjanya juga termasuk dengan pemasangan firewall, pengembangan skrip automasi, dan pengujian keamanan.

Security Consultant

Security consultant merupakan peluang karir selanjutnya yang bisa dipilih oleh mereka yang lulus dari program studi cyber security. Adapun tugasnya yaitu menawarkan solusi keamanan untuk perusahaan, seperti menemukan cara terbaik untuk melindungi jaringan dan software penting, melakukan analisis risiko, dan juga melakukan pengujian.

Security Architect

Security architect merupakan karyawan senior yang bisa dimasuki oleh mereka yang sudah berpengalaman. Tugas dari bagian ini adalah melakukan riset, desain, dan mengimplementasikan rancangan keamanan yang mampu bertahan oleh segala serangan. Selain itu, security architect juga bertugas mengawasi keamanan jaringan komputer milik perusahaan.

Penetration Tester

Tidak selamanya hacker merupakan kejahatan dan pekerjaan yang ilegal. Dalam dunia cyber security, ada hacker legal yang biasa disebut dengan penetration tester. Tugas dari penetration tester yaitu mencari celah keamanan sistem yang sudah ada kemudian melakukan analisis untuk menemukan solusinya.

Security Software Developer

Sesuai dengan namanya, seorang security software developer bertugas membuat dan mengembangkan software atau perangkat lunak keamanan. Disamping itu, mereka juga harus mengintegrasikan perangkat lunak yang telah dibuat pada sistem hingga berjalan sesuai yang diharapkan.

Security Analyst

Security analyst merupakan peluang kerja lulusan cyber security Indonesia selanjutnya yang cukup diminati. Tugas dari security analyst adalah melakukan perencanaan, implementasi, analisis risiko, audit secara internal dan eksternal, serta melakukan koordinasi rencana keamanan bersama pihak ketiga. Secara lebih sederhana, tugas security analyst adalah mendeteksi dan juga mencegah ancaman cyber.

Chief Information Security Officer

Chief Information Security Officer atau CISO merupakan jabatan yang tinggi di bidang cyber security. Tugas dari CISO adalah mengatur sektor keamanan teknologi informasi pada sebuah perusahaan. Bisa dikatakan bahwa CISO adalah pemimpin di sektor keamanan teknologi informasi.

Incident Responder

Incident responder merupakan bagian yang pertama kali bertindak ketika ada insiden keamanan yang terjadi pada sebuah perusahaan. Tidak hanya itu saja, incident responder juga bertugas melakukan edukasi mengenai pencegahan terjadinya insiden keamanan yang merugikan.

Spesialis Forensik Komputer

Peluang kerja terakhir lulusan cyber security adalah spesialis forensik komputer. Tugas dari spesialis forensik komputer adalah sebagai detektif digital. Mereka akan mengakses dan juga menganalisis bukti-bukti, seperti jaringan, komputer, atau perangkat penyimpanan data.

Itulah 9 peluang yang bisa dimasuki oleh lulusan cyber security. Tidak hanya perusahaan Indonesia, banyak perusahaan luar negeri yang juga membutuhkan tenaga lulusan cyber security. Bahkan jumlah lowongan di bidang cyber security selalu naik setiap tahunnya. Anda yang tertarik dengan dunia cyber security bisa menuntut ilmu di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana atau yang juga dikenal dengan IDS Digital College.

Pendekatan Real World Assignment yang digunakan dalam pembelajar mampu membuat lulusan cyber security Indonesia lebih siap untuk menghadapi tantangan karir, bisnis, maupun pertumbuhan teknologi. Simak informasi lebih jelas mengenai program studi cyber security dari IDS di website resminya ids.ac.id.