Transfer adalah salah satu layanan perbankan yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Mulai dari transfer uang ke sesama bank hingga transfer uang ke beda bank. Kemajuan teknologi perbankan yang canggih seperti sekarang ini membuat cara transfer uang lewat ATM menjadi sangat mudah, praktis, cepat dan aman dilakukan. 

Meskipun transfer uang melalui mesin ATM itu mudah dilakukan, akan tetapi bagi sebagian orang yang baru mengenal dan menggunakannya, hal tersebut akan membuat bingung. Oleh karena itu, perlu diperhatikan ulasan singkat mengenai cara transfer uang lewat ATM yang benar dan aman serta mudah untuk dipahami.

cara transfer uang lewat ATM
  • Masukkan Kartu ATM ke slot kartu mesin ATM

Pastikan posisi kartu benar dan tidak terbalik pada saat memasukkan kartu ATM. Posisi yang benar dengan bagian atas kartu tertera nama agar bisa terbaca di mesin ATM. Hindari Modus Pencurian dana nasabah (skimming) melalui alat perekam data diujung slot kartu.Caranya, pastikan tidak ada yang mencurigakan di slot mesin ATM, tidak ada ganjalan atau tambahan alat yang menghalangi kartu ATM masuk.

  • Memilih Jenis Bahasa

Pilihlah bahasa Indonesia pada saat muncul dialog pilihan bahasa. Dengan memilih bahasa indonesia, kamu tidak akan bingung untuk menggunakannya.

  • Masukan PIN nomor ATM

Ketika memasukkan nomor pin ATM tutuplah tombol dengan tangan. Gantilah kata sandi ATM secara berkala. Jangan memberikan nomor kata sandi ATM anda kepada orang lain.

  1. Pilihlah jenis transaksi yaitu transfer.
  2. Pilihlah bank tujuan yang akan di transfer
  3. Masukkanlah nominal yang akan di transfer

Lakukan pengecekan kembali jumlah uang yang akan ditransfer. Pastikanlah nominal angkanya sudah benar. Lalu pilih BENAR untuk proses selanjutnya.

  1. Transaksi akan diproses dan dalam hitungan detik, layar ATM menunjukkan Data Tujuan Transfer yang berupa keterangan Bank, nama, nomor rekening tujuan, dan jumlah uang transferan.
  2. Tunggulah konfirmasi transaksi telah selesai dilakukan.
  3. Ambillah kartu ATM kembali sebelum meninggalkan bank.

Demikianlah ulasan mengenai cara transfer uang lewat ATM yang mudah dilakukan di gerai ATM maupun bank. Pada zaman modern seperti sekarang ini terdapat sebuah aplikasi perbankan yang canggih yaitu jenius.

Aplikasi perbankan online yang dapat memberi kemudahan dalam melakukan aktivitas perbankan seperti transfer dan simpanan tabungan. Nikmati segala kemudahan akses perbankan secara online dengan mengunjungi website jenius.com.