Putu ayu adalah salah satu resep makanan tradisional kue yang mana hingga saat ini masih banyak diminati oleh masyarakat di Tanah Air. Makanan ini tidak hanya cocok dimakan pada saat acara – acara tertentu saja, cocok juga Anda konsumsi untuk makanan sehari – hari bersama keluarga tercinta

Makanan tradisional adalah salah satu jenis aneka makanan yang masih digemari oleh banyak orang di Tanah Air. Saat ini terdapat banyak sekali aneka kue- kue lezat untuk anda santap dan anda buat sendiri di rumah melalui pengolahan sederhana dan mudah dilakukan.

Untuk anda yang ingin mengkreasikan resep makan tradisional kue, putu ayu merupakan salah satu makanan yang dapat anda pilih sebagai menu makanan yang tepat. Kue yang satu ini bisa anda buat dengan mudah dengan bahan – bahan yang mudah sekali didapatkan.

resep makanan tradisional
resep makanan tradisional

Berikut akan Kami paparkan beberapa tips mudah membuat putu ayu untuk anda yang ingin mencoba.

  1.       Bahan – Bahan yang Diperlukan

Persiapkan berbagai macam bahan – bahan untuk pembuatan kue putu ayu. Berbagai macam bahan – bahan yang perlu anda siapkan diantaranya adalah 150 gram ubi ungu yang telah dikukus, 150 ml santan, 2 butir telur ayam, 150 gram gula pasir merk Gulaku, ½ sendok teh SP, garam secukupnya, 150 gram tepung terigu dan terakhir siapkanlah kelapa parut secukupnya dan juga garam. Semua bahan – bahan yang telah dipaparkan tersebut, jangan ada yang sampai terlewat satu pun.

  1.       Cara Pengolahan

Setelah mempersiapkan berbagai macam jenis bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat resep makanan tradisional putu ayu khas nusantara ini, selanjutnya anda bisa langsung melakukan pengolahan makanan melalui cara mudah dan cepat. Pertama – tama blander ubi kukus ungu dan santan sampai keduanya menyatu dan halus. Kemudian masukan juga telor, gula pasir dari Gulaku, SP, garam secukupnya kemudian dimixer selama 10 – 15 detik saja atau hingga tercampur semuanya. Selanjutnya, kecilkan putaran mixer lalu masukan secara bergantian bahan – bahan seperti ubi kukus dan terigu tadi. Lalu olesi cetakan dengan sedikit minyak, masukan adonan kemudian kukus selama 15 menit.

Setelah proses pembuatan selesai, lalu kemudian angkat putu ayu dan masukan ke dalam wadah yang biasa Anda gunakan untuk menaruh kue. Sajikan untuk keluarga tercinta selagi masih hangat. Putu ayu adalah kue khas nusantara yang lezat untuk cemilan di rumah Anda.