Pertanyaan seputar rambut yang berminyak memang mengganggu akan penampilan. Dari itu mengetahui akan apa saja yang menjadi penyebabnya bisa bermanfaat dalam menjadikan rambut tetap sehat dan terbebas dari rambut berminyak.

Bagi kebanyakan dari kita akan menjadi masalah saat kondisi rambut mengalami berbagai masalah, seperti rambut yang berminyak. Dengan rambut berminyak ini menjadikan kondisi rambut menjadi mudah sekali terkena berbagai masalah rambut lainnya seperti rambut yang bercabang, berketombe, lepek, lusuh, dan yang lainnya.

Masalah rambut berminyak ini memang menjadi permasalahan karena bisa mengganggu penampilan. Selain itu dengan rambut yang berminyak bisa membuat kepercayaan diri menjadi berkurang, untuk itu penting diketahui apa saja yang bisa menjadi penyebab apa saja yang bisa menjadikan rambut anda mudah sekali berminyak, seperti berbagai hal berikut.

  1. Pengaruh hormon. Pengaruh dari hormon akan rambut yang berminyak memang terjadi tidak berlangsung lama karena tergantung dengan hormon yang ada. Untuk hal ini yang bisa menjadi pemicu hormonnya sendiri bisa dari pemakaian obat-obatan tertentu, atau bagi wanita menjelang menstruasi, pubertas, dan kehamilan.

  2. Kebiasaan jarang keramas. Kebiasaan jarang sekali keramas menyebabkan kotoran banyak menumpuk di kulit kepala. Kotoran yang menumpuk ini bisa menyebabkan minyak yang semakin banyak di kulit kepala. Dari itu sebagai penanganannya bisa dilakukan dengan melakukan keramas rutin misalnya dua kali sehari.

  3. Terlalu sering mengecat rambut. Kondisi rambut yang sering dicat juga bisa menjadi penyebab lainnya dari rambut berminyak. Apalagi jika bahan yang digunakan adalah bahan cat yang mengandung kandungan bahan kimia berbahaya tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan juga.

  4. Kebiasaan mengikat rambut ketika masih basah. Kebiasaan mengikat rambut dalam kondisi basah karena terburu-buru atau yang lainnya juga bisa menjadikan minyak yang makin banyak timbul di kulit kepala. Saat rambut diikat membuat rambut tidak bisa bernapas sehingga kulit kepala menjadi semakin lembab dan berminyak.

  5. Pemakaian produk perawatan rambut. Pemakaian produk perawatan rambut yang berlebihan apalagi tidak cocok untuk kulit kepala anda bisa mempermudah banyaknya minyak di kulit kepala. Dari itu dalam penggunaan produk untuk rambut sebaiknya digunakan hanya dari ujung rambut tidak sampai ke kulit kepala. Untuk menyiasati hal ini anda bisa menggunakan shampo yang terbaik untuk rambut seperti dengan shampo Clear.