Bagi Anda yang baru saja mempunyai website dan hendak memilih layanan untuk web hosting, mungkin Anda tergoda dengan layanan hosting murah yang banyak ditawarkan. Jika memang bisnis Anda masih baru dan belum banyak pelanggan, sebenarnya cara ini bisa cukup efektif, lantaran Anda belum memerlukan bandwidth ataupun yang terlalu besar. Namun hati-hati dalam memilih, jangan asal murah saja.

Hosting harga murah memang bisa menghemat pengeluaran dari segi biaya. Tetapi jika Anda memilih hanya asal murah, maka yang terjadi adalah :

1. Server Yang Sering Down

Berhubung Anda memilih layanan yang murah, maka kualitas server sendiri belum tentu bisa diandalkan. Kemungkinan Anda bahkan men-share server tersebut dengan beberapa website lain, sehingga ketika sibuk, server pun melambat.

2. Keamanan Belum Terjamin

Harga yang murah juga terjadi karena sistem keamanan yang dikurangi atau tidak diatur dengan benar. Apalagi jika Anda berada di shared hosting server sehingga jika website tetangga di-hack, Anda berpotensi terkena.

3. Lambat Loading

Meski server tidak down sekalipun, namun ada kemungkinan website Anda akan sangat lambat dibuka, sehingga pengunjung menjadi tidak sabar.

Hal-hal tersebut adalah risiko jika Anda memilih layanan hosting murah yang hanya mementingkan murahnya saja. Lain halnya jika layanan tersebut memang sudah mempunyai kredibilitas yang tinggi, seperti Dewaweb. Pada kenyataannya, layanan hosting yang kredibel tersebut pun tidak jauh berbeda tarifnya dari yang mengaku murah, apalagi Anda mendapatkan jaminan keamanan, fitur lengkap, dan juga dedicated server.