Di antara banyaknya model ruang tamu kekinian yang bisa jadi pilihan generasi saat ini, ruang tamu bergaya vintage modern tetap memiliki penggemar tersendiri. Desainnya yang klasik menjadi daya tarik tersendiri dan dianggap bisa menjadi ajang nostalgia dari tahun 1900-an hingga 1980-an. Apalagi ruang tamu yang bergaya vintage tidak selamanya selalu terlihat ketinggalan zaman. Berbagai aksen modern yang ditambahkan bisa membuat ruang tamu bergaya vintage terlihat tetap menarik.

Tips Menghadirkan Gaya Vintage di Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan representasi dari kepribadian si pemilik rumah. Ruang tersebut juga menjadi tempat penyambutan pertama kali ketika ada tamu berkunjung. Maka dari itu, memilih pemilihan desain ruang tamu perlu sangat diperhatikan. Termasuk jika ingin mengusung konsep vintage modern pada ruang tamu, ada banyak gaya yang bisa diterapkan. Namun pastikan memilih gaya vintage modern yang serasi dan sesuai untuk menjadikan ruang tamu lebih nyaman dan menarik. Berikut tips menata ruang tamu dengan gaya vintage modern.

ruang tamu bergaya vintage modern
ruang tamu bergaya vintage modern
  • Pemilihan Dominasi Warna¬†

Secara umum, warna putih menjadi pilihan utama untuk ruang tamu dengan gaya vintage modern. Padahal ada banyak warna lain yang tetap bisa menampilkan kesan retro seperti hijau, pink, oranye, dan lainnya. Meski banyak pilihan, untuk menghadirkan kesan tersebut bukan berarti harus menggabungkan beberapa warna. Pilihlah satu warna yang akan menjadi warna dominan dari seluruh ruangan, misalnya warna putih saja. Untuk menghadirkan kesan natural dan kalem bisa menggunakan warna hijau atau oranye. Sedangkan warna pink bisa dipilih untuk kesan yang lebih feminim. 

  • Penggunaan Meja Lusuh

Vintage akan selalu berhubungan erat dengan benda kuno dan lusuh. Begitu juga pada ruang tamu bergaya vintage modern yang pastinya bisa menggunakan furniture bergaya kuno. Sealah satunya adalah meja berbahan kayu dengan cat yang sudah sedikit mengelupas, terlihat lusuh namun tetap unik. Selain itu, penggunaan furniture lain yang juga berbahan kayu juga dapat ditambahkan, seperti hiasan dinding, vas bunga, hingga pintu.

  • Sofa Motif Bunga

Sofa merupakan perabot penting yang harus ada di ruang tamu dan menjadi salah satu titik pusat perhatian. Melihat dari perannya yang penting, pemilihan motif untuk sofa tidak boleh sembarangan. Untuk kesan vintage yang kental, sofa bermotif bunga dapat menjadi pilihan. Sebaiknya gunakan sofa panjang jika ruang tamu memiliki ukuran besar. Sementara untuk ruang tamu berukuran lebih kecil, ukuran sofa bisa disesuaikan. Selain sofa, tambahan furniture lain seperti kursi goyang juga dapat memperlihatkan desain vintage yang lebih terasa. 

  • Lemari Kaca untuk Sudut Ruangan

Lemari dengan kesan vintage umumnya terlihat dari catnya yang sudah sedikit mengelupas serta pintu lemarinya sebagian terbuat dari kaca dan sebagainnya lagi terbuat dari kayu. Penataannya yang ada di sudut ruangan menjadi salah satu cara menonjolkan ruang tamu bergaya vintage. Isi di dalam lemari serta hiasan di luarnya bisa dikreasikan sesuai keinginan. Untuk pemilihan warnanya pun juga harus disesuaikan dengan tema keseluruhan agar terlihat serasi. 

  • Gantungan Lampu Kuno

Ruang tamu dengan desain vintage modern identik dengan dekorasi lampu bergaya kuno. Lampu vintage biasanya berupa bohlam berwarna kuning di dalam kaca. Cahaya kuning itu dapat mempertegas kesan seperti suasana zaman dulu. Warnanya yang temaram juga akan menciptakan kehangatan di ruangan tersebut. Meskipun disebut vintage, lampu semacam itu nyatanya semakin banyak diburu untuk koleksi pada rumah masa kini.

Untuk menciptakan ruang tamu bergaya vintage modern, masterumah.id siap memberikan inspirasi. Segera diskusikan semua kebutuhan yang berhubungan dengan rumah bersama masterumah.id.