Bagi anda yang lebih tertarik untuk mengajukan pinjaman Syariah ke Bank Danamon, daripada mengajukan pinjaman dana ke Bank Konvensional, maka itu adalah sebuah keputusan yang tepat bagi anda. Apalagi jika anda adalah seorang umat muslim, maka jenis pinjaman yang berbasis Syariah ini sangat dianjurkan sekali untuk anda. 

Karena seperti dari namanya saja, kita sudah bisa menebak bahwa pinjaman Syariah ini, dibuat dengan berdasarkan prinsip ajaran agama islam. Dengan kata lain jika pinjaman di bank konvensional mengandung yang namanya riba, maka pinjaman yang berbasis Syariah ini tidak demikian. 

Yang lebih menariknya lagi pada saat akad kredit pinjaman, anda tidak akan begitu saja dilepas begitu saja ketika sudah mendapatkan pinjaman uang, melainkan anda akan terus di maintain olah pihak Bank Syariah sehingga anda bisa membayar angsuran dengan lancar dan juga disiplin, tanpa ada tunggakan. 

pinjaman syariah

Dan perlu anda ketahui juga, dengan anda mengajukan pinjaman Syariah ini, anda juga akan secara otomatis bisa sambil berzakat. Karena profit yang dihasilkan bank Syariah ini, sebagian akan diperuntukan bagi keperluan zakat. Jadinya anda bisa berzakat dengan lebih simple dan praktis, sekaligus bisa memiliki keuangan yang sehat dengan mendapatkan pinjaman uang dari bank Syariah.

Kalaupun anda masih bingung membedakan pinjaman berbasis Syariah dengan pinjaman konvensional ini, maka berikut akan kami coba paparkan perbedaan mendasarnya bagi anda. 

  • Dalam segi bunga

Dalam pinjaman konvensional, debitur wajib mengembalikan pinjaman beserta bunganya. Lain halnya dengan prinsip Syariah, tidak ada yang namanya riba karena dalam akadnya sendiri, menggunakan akad jual beli atau murabahah, dan juga ada bentuk akad ijarah wa iqtina. Yang mana kedua bentuk akad kredit pinjaman ini, sudah sejalan dengan prinsip ajaran agama islam perihal pinjaman dana. 

  • Bentuk pinjaman

Dalam produk pinjaman berbasis Syariah, bentuk pinjaman yang bisa anda ambil bisa lebih beragam bila dibandingkan dengan pinjaman konvensional. Yang mana didalam pinjaman yang Syariah ini, anda bisa mengambil produk pinjaman untuk keperluan pembiayaan haji, umroh, Pendidikan dan lain sebagainya.