Kebutuhan akan asuransi kendaraan tentunya mengharapkan adanya biaya pengganti dari kerusakan atau kehilangan kendaraan, akan tetapi untuk bisa mendapatkan biaya pengganti ini tentu dilakukan dengan pengajuan klaim. Pada pengajuan klaim ini terkadang untuk beberapa hal banyak juga yang mengalami penolakan. Penolakan yang terjadi sering karena faktor pemiliknya sendiri yang kurang memahami bagaimana proses dalam klaim asuransi yang tepat.

Supaya dalam pengajuan klaim asuransi kendaraan lebih tepat dan sesuai, maka berbagai hal yang berhubungan dengan proses klaim asuransi perlu diketahui secara benar. Untuk hal ini berikut ada beberapa hal yang bisa menyebabkan klaim untuk asuransi kendaraan di tolak.

Asuransi Kendaraan

  1. Pengajuan klaim yang melewati batas waktu. Banyak dari pemilik kendaraan tidak sempat mengajukan klaim karena repot saat kendaraan mengalami kecelakaan. Sehingga untuk batas waktu saat klaim menjadi terlewat. Padahal secara umum untuk batas waktu dari mulai kecelakaan sampai bisa mengajukan klaim hanya 3×24 jam saja sehingga harus benar-benar diperhatikan.
  2. Kurangnya dokumen. Berbagai dokumen pelengkap saat pengajuan klaim penting disertakan untuk klaim yang lebih mudah. Dokumen-dokumen mulai dari SIM, STNK, surat kehilangan kepolisian (kasus pencurian), dan yang lainnya perlu sekali dipenuhi untuk proses klaim dapat berjalan.
  3. Adanya pengajuan klaim yang tidak termasuk dalam perjanjian polis. Perusahaan asuransi kendaraan juga akan menolak klaim jika pengajuannya tidak termasuk sesuai dalam polis. Dari itu anda harus mengetahui apa saja yang menjadi pengecualian untuk proses klaim, syarat, dan ketentuan lainnya.
  4. Formulir untuk klaim asuransi yang tidak diisi secara lengkap. Setelah semua dokumen persyaratan dilengkapi, maka tahap selanjutnya jangan melewatkan untuk mengisi formulir pengajuan klaim asuransi secara lengkap. Sesuaikan antara data pribadi dan yang lainnya.

Supaya anda bisa lebih mudah untuk pengajuan klaim maka pilihan yang tepat dapat dilakukan dengan memilih perusahaan asuransi yang sudah terpercaya seperti asuransi Autocillin yang menyediakan layanan dan fasilitas untuk pengajuan klaim pada kendaraan anda menjadi lebih mudah, cepat dan tentunya tidak akan di tolak.