Jika dilihat secara menyeluruh, menstruasi biasanya akan dimulai dengan gejala wanita saat menginjak usia remaja. Jika dilihat dari definisinya, menstruasi adalah keluarnya sebuah darah pada bagian kemaluan wanita. Darah keluar tersebut akan bersamaan dengan lapisan dinding pada rahim yang luruh. Tetapi menstruasi tidak hanya terkait dengan pendarahan saja. 

Lebih dari itu nantinya datang bulan tersebut merupakan bagian siklus bagi kehidupan perempuan. Untuk meningkatkan kesehatan serta kesuburan pada wanita tidak ada salahnya mengetahui siklus menstruasi, berikut beberapa siklus yang harus anda ketahui, pertama ialah fase proliferasi.

Fase tersebut dipengaruhi oleh kerja hormon pada bagian kewanitaan. Nantinya otak akan menghasilkan hormon, lalu dibawa lewat aliran darah. Hormon tersebut akan merangsang bagian folikel, yaitu tempat di ovarium yang menyimpan sel telur dan sel pelindung. Dahulu melihat siklus menstruasi hanya bisa dilakukan dengan memahami kalender atau tanggal tertentu, saat ini menggunakan aplikasi seperti femometer dapat lebih mudah untuk diketahui.

aplikasi menghitung masa subur

Dengan teknologi yang semakin canggih aplikasi menghitung masa subur dan alat tersebut dapat mengetahui siklus kehamilan pada diri wanita. Siklus selanjutnya adalah ovulasi, ovulasi merupakan Proses pelepasan pada bagian sel telur dari dinding telur tersebut. Nantinya akan bergerak melalui saluran bernama fallopian tube. Sel telur tersebut akan Menempel dan menunggu dibuahi oleh sperma laki-laki. Setelah itu ada fase sekresi, fase ini dimana bagian rahim akan mempersiapkan diri untuk menampung sel telur yang dibuahi. Fase tersebut kurang lebih akan berjalan hingga empat belas Hari.

Tahap selanjutnya adalah pada masa menstruasi, setelah 14 Hari pada bagian sel-sel di Tuba Fallopi akan meninggal. Maka darah dan jaringan dinding di rahim akan luruh. Total darah pada jaringan akan keluar dari bagian kemaluan wanita. Biasanya perempuan akan mengalami pendarahan atau datang bulan selama 4 sampai 8 hari. Itulah beberapa apa cara dalam memahami siklus menstruasi pada perempuan. Jika ingin lebih praktis Tidak ada salahnya menggunakan aplikasi menghitung masa subur pada wanita dan pria.