Stress yang tinggi adalah salah satu dari banyaknya keluhan para karyawan kantoran. Lokasi kantor yang jauh dari rumah, kemacetan sepanjang hari, dan suasana kantor yang tidak selalu kondusif adalah alasan kenapa pekerjaan kantoran, meski gajinya tinggi, tidak selalu diminati orang-orang. Tidaklah mengherankan jika kemudian sebagian orang memutuskan untuk membuka bisnis sendiri, atau mencari perusahaan yang mengizinkan dirinya kerja dari rumah.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Usaha Ibu Rumah Tangga

Kerja di rumah sendiri terdengar sangat nyaman, apalagi dibandingkan dengan bekerja di kantor yang suasananya seperti begitu-begitu saja. Inilah beberapa hal yang membuktikan bahwa bekerja di rumah sangatlah menyenangkan:

  1. Nyaman

Tempat mana yang lebih nyaman selain rumah sendiri? Bekerja sembari berbaring di kamar, duduk santai di sofa, atau menghirup udara segar di taman? Yes, please!

  1. Waktu fleksibel

Anda merasa lebih produktif di malam hari? Atau justru ketika pagi-pagi buta? Anda bahkan bisa melakukan pekerjaan ini sebelum mandi, dengan masih memakai piyama.

  1. Terhindar dari kemacetan

Anda bahkan tidak perlu keluar rumah untuk ke kantor, membuat kata macet adalah perkara masa lalu yang sudah tidak relevan.

  1. Mengurangi stress

Lantaran dikelilingi hal-hal yang membuat Anda nyaman, Anda tidak akan merasa terlalu stress. Bahkan Anda pun bisa berjalan-jalan untuk ganti suasana.

Bukan berarti pekerjaan semacam ini juga tidak ada rintangannya. Inilah beberapa kesulitan yang mungkin akan Anda hadapi:

  1. Banyak sekali distraksi, seperti browsing internet, atau acara TV, sehingga pekerjaan mungkin jadi lambat.
  2. Tidak ada jadwal yang pasti membuat jam tidur Anda akan cukup kacau.
  3. Anggota keluarga mungkin tidak selalu kooperatif dengan Anda yang sedang bekerja.
  4. Stigma dari masyarakat bahwa Anda tidak bekerja dan masih menganggur.

Meski demikian, kalau dilihat-lihat lagi, kerja dari rumah tetap mempunyai banyak keuntungan yang jika ditimbang, jauh lebih menyenangkan daripada kesulitannya. Anda bisa mengatasi kekacauan jam tidur dengan membuat jadwal sendiri misalnya, atau mengubah satu sudut bagian rumah menjadi ruang kerja Anda khusus. Ada banyak cara untuk mengatasi kesulitan tersebut, jadi jika Anda dapat kesempatan seperti ini, kenapa tidak?